Mengatasi Tangan yang Menghitam

Need to Know

Mengatasi Tangan yang Menghitam

Bunda, matahari pagi dan sore zaman dahulu terasa begitu hangat, bersahabat, bahkan bermanfaat bagi kesehatan kita. Setidaknya sampai pukul 9 pagi, sinar matahari masih hangat dan kaya akan vitamin D yang bagus untuk tulang.

Akan tetapi, sinar matahari zaman sekarang seolah sudah mengalami banyak perubahan. Matahari pagi sudah terasa begitu terik, menyengat, dan panas di kulit, sehingga kulit lebih cepat menghitam. Apalagi kalau sudah beranjak siang. Wah, harus ekstra perlindungan tentunya.

Hal tersebut seringkali dialami oleh bunda-bunda yang beraktivitas dengan mengendarai sepeda motor. Terutama pada bagian tangan (dari pergelangan tangan hingga jari) yang terpapar sinar matahari terus menerus lebih cepat menghitam meskipun sudah menggunakan sarung tangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, perhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Gunakan Sarung Tangan
Menggunakan sarung tangan bagus untuk menghindari sengatan matahari secara langsung. Memilih sarung tangan sebaiknya yang berbahan kaos yang agak tebal tetapi masih nyaman untuk digunakan. Sarung tangan berbahan kaos yang tipis masih memungkinkan sinar matahari menyusup melalui celah-celah kainnya. Sarung tangan dari bahan kulit sintetis yang kebanyakan berwarna hitam juga baik, tetapi biasanya malah terasa gerah karena tidak menyerap keringat.

2. Lakukan Perawatan
Untuk kulit tangan yang sudah terlanjur menghitam lakukan perawatan berupa peeling. Bisa datang ke Klinik-klinik Skin Care untuk melakukan chemical peeling. Namun, perlu diketahui juga chemical peeling itu jenis perawatan yang seperti apa.

Chemical peeling merupakan proses pengelupasan kulit dengan larutan kimia dalam bentuk cairan yang dioleskan pada kulit. Akibat dari pembubuhan larutan kimia ini lapisan kulit yang mati akan luruh dan kulit baru yang muda pun terlihat.

Biasanya bahan chemical peeling yang biasa digunakan adalah bahan yang bersifat acid atau asam seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA), Trichloroacetic acid (TCA) dan phenol. Acid yang masuk dalam golongan AHA seperti glicolyc acid termasuk jenis peeling yang ringan. Jenis ini sesuai bagi mereka yang ingin kulitnya terlihat cerah tanpa merasakan iritasi seperti memerah drastis atau mengelupas parah. Untuk peeling yang lebih dalam biasanya digunakan TCA dan phenol untuk peeling yang paling intensif.

Penggunaan chemical peeling sangat tergantung kepada kondisi kulit pasien. Tiap masalah pada kulit dibutuhkan jenis peeling yang berbeda atau jenis peeling-nya sama tapi tingkat konsentrasinya berbeda. Hal ini tergantung dari masalah kulit pasien, preferensi dan keahlian dokter terhadap bahan kimia peeling.(kompas.com)

Jika belum memiliki keberanian untuk melakukan chemical peeling, setelah membaca penjelasan di atas, bisa juga melakukan perawatan dengan menggunakan lulur yang mengandung pemutih dan memiliki scrub. Perawatan menggunakan lulur dapat dilakukan sendiri di rumah, yaitu gosokkan saja seperti biasa di tangan, pagi atau sore hari sebelum mandi.

Hasilnya memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, tetapi lulur lebih aman digunakan karena minim efek samping. Selain itu, lulur lebih mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Dengan penggunaan yang teratur dan sesuai dengan petunjuk pemakaian, lulur yang mengandung pemutih juga menjadi salah satu alternatif mengurangi kehitaman.

3. Gunakan Lotion
Untuk mencegah penghitaman kulit oleh sinar matahari gunakanlah lotion. Setiap kali sebelum mengendarai sepeda motor pada pagi hingga sore hari, oleskanlah lotion anti UV atau UV Protection. Dan untuk membantu mempercepat proses pemutihan kembali, gunakanlah lotion yang mengandung pemutih atau whitening body lotion pada malam hari.

Demikian ya bunda, semoga bermanfaat.

With love,
Bunda Aisykha

Iklan

2 pemikiran pada “Mengatasi Tangan yang Menghitam

  1. el muna

    Bagus jg nih bu tp qalo pake lulur sama ja pke bahan kimia bu mending pake mangir buatan herbal, pasti lebih aman:)

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s