PUNYA BABY SUPER AKTIF?

PUNYA BABY SUPER AKTIF?

Dear bunda,

Bunda Aisykha berbagi pengalaman ya..

Punya baby yang super aktif,
bersyukurlah kalau bunda punya baby yang aktif, rasa ingin tahunya besar, dan meniru dari orang lain dengan cepat, karena beibiku Aisyah (15m) juga demikian.

Terkadang menjengkelkan memang, kita sampai lelah nurutin maunya, karena kalau tidak dituruti keluarlah senjatanya,
😥 ^menangis^ 😥

Tapi percayalah bunda, baby yang demikian perilakunya bukanlah suatu masalah besar, hanya perlu sedikit dibiasakan dengan kontrol dari kita, namun tetap dengan kontrol yang penuh kasih sayang.

Ni ada beberapa tips dari pengalaman pribadi yang mungkin bisa membantu menghadapi baby yang aktif.

1. Terapkan pola mendidik bayi dengan pola tarik ulur. Kadang kita turuti apa maunya dan ada kalanya kita tolak maunya. Senjata menangisnya pasti akan keluar, tapi bersabarlah bunda.

2.Kalo si baby menangis karena tidak kita turuti maunya, jangan khawatir bunda, cobalah untuk mengalihkannya dengan mainan ato hal lain yang baru.
Agak sulit memang, karena Aisyah jg kadang-kadang keukeuh maunya. Gantilah dengan mainan lain yang bergerak, mengeluarkan suara, atau apa yang biasanya disukai si baby.

Misalnya, Aisyah suka sekali dengan mpus meong, kalau senjata menangisnya keluar, buru-buru aku carikan mpus meong, boneka meong kesayangan Aisyah, atau sekedar bilang “eh, tu ada mpus meong, sayang.., mana yaa, yuuk kejar yuuk..”

3.Biasakan menyapa si baby dengan sapaan sayang, honey, beiby, dear, dll. Sering-seringlah mencium pipi atau keningnya, menatap ke dalam matanya, mengelus rambutnya, atau mengelus punggungnya saat menggendong. Karena sapaan sayang dan sentuhan adalah salah satu cara yang tepat untuk mengungkapkan kasih sayang dan perhatian kita pada si baby.

4.Jangan terlalu sering memuji dan membanggakan si baby ya bunda, krna si baby akan tumbuh menjadi pribadi yang sombong. Katakan salah atau tidak boleh jika si baby memang salah, biasakan bunda, dan pujilah si baby kalau bisa melakukan sesuatu yang benar, baik, ato hal baru yang belum pernah dikerjakan. Berikan tepukan tangan ato acungan jempol kalau si kecil melakukan hal baik ato hal yang benar. Memuji dengan kadar yang tepat dan benar akan membantu meningkatkan rasa percaya diri si baby. Sekali lagi bunda, jangan berlebihan ketika memuji yaa..

5.Baby yang aktif cenderung lebih cepat bosan, karena itu sebaiknya pilihkanlah mainan-mainan yang sederhana tapi bisa bersuara, bergerak, atau brwarna menarik.

6.Belikanlah mainan dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda, ajak bermain si baby dengan mainan yang berganti-ganti, mainan bongkar pasang, puzzle kayu, mainan profesi juga bagus,jangan terlalu berfikir tentang mainan bagus dan mahal, karena anak aktif biasanya cepat bosan. Jadi hanya akan terpakai sebentar, sayang kan bunda..

7.Dan yang terpenting, bekerja samalah dengan suami untuk mengasuh si baby, luangkanlah waktu yang berkualitas untuk bermain atau sekadar jalan-jalan dengan si baby. Dan pastikan si baby nyaman ya bunda..

Demikian ya bunda, smoga brmanfaat.

With love,
Bunda Aisykha

Iklan

4 pemikiran pada “PUNYA BABY SUPER AKTIF?

  1. Ping-balik: PUNYA ANAK SUKA MARAH? MAU TAU KENAPA? | Bunda Aisykha

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s