PUNYA ANAK SUKA MARAH? MAU TAU KENAPA?

Konsultasi Psikologi

Dear Bunda,

Sabtu (30/3) kemarin, aku hadir ke acara Parenting dan Penerimaan Hasil Belajar Tengah Semester di PG At Tazkya. PG dimana Aisyah, putri kecilku bermain dan belajar selama kurang lebih 2 bulan ini. Syukur Alhamdulillah karena dengan bersilaturrahim, mendapat banyak teman baru dan ilmu-ilmu baru yang sangat bermanfaat sebagai oleh-olehnya.

Nah Bunda, tulisan ini adalah salah satu oleh-oleh yang aku dapat. Karena hampir sesuai dengan apa yang aku alami ketika mengikuti perkembangan Aisyah, bisa jadi Bunda-Bunda yang lain juga mengalaminya. Oleh sebab itu, tulisan ini aku bagi agar menjadi ilmu yang lebih bermanfaat.

Bunda, apakah Bunda memiliki buah hati yang suka marah, membentak, dan kadang-kadang memukul atau menyakiti Bunda bila keinginannya tidak dipenuhi?

image

Aisyah alhamdulillah belum pernah membentak maupun memukul, akan tetapi Aisyah terkadang suka marah, ngambek, ataupun berteriak ketika tidak dituruti maunya. Permasalahan yang dilematis memang, di satu sisi kita tidak bisa marah-marah, tetapi di lain sisi, buah hati kita juga tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Untuk mendapat solusi permasalahan tersebut, kita harus tahu dulu apa penyebabnya, bukan? Kali ini ada jawaban menarik dari Bunda Lilis Rahayu Wardani, S.Psi., psikolog sekaligus Kepala LPI At Tazkya. Mari kita simak ya, Bunda.

Bunda yang dirahmati Allah,
ada beberapa sebab kenapa anak kita memperlihatkan perilaku agresif. Berikut adalah beberapa sebabnya.

1. Pola pengasuhan orang tua yang selalu memenuhi tuntutan anak sehingga anak akan sulit dikontrol dan menjadi kurang bertanggungjawab.

Kalau boleh menambahkan, mungkin kita harus mulai menerapkan pola tarik-ulur terhadap anak. Alih-alih sangat menyayangi anak kemudian setiap permintaannya selalu kita penuhi begitu saja, tanpa memperhatikan dampak terhadap anak.

Bunda, ada kalanya kita penuhi keinginan anak tetapi adakalanya juga tidak. Tetapi, ketika tidak memenuhi permintaan anak, kita harus berusaha memberi pengertian tentang alasan kita tidak memenuhi keinginannya. Pada awalnya memang sulit, tetapi ini harus dibiasakan demi masa depan anak.

2. Pengaruh TV. Untuk itu, sebaiknya tidak memperlihatkan tayangan yang berbau kekerasan pada anak.

3. Anak sangat mudah meniru perilaku orang-orang disekitarnya. Untuk itu, sebaiknya orang tua dan juga lingkungan lebih berhati-hati dalam bersikap.

4. Perasaan atau Mood anak. Perasaan yang menyenangkan yang dirasakan anak dapat membuat anak cenderung berlaku lebih ramah pada dirinya sendiri maupun orang lain.

5. Ketegangan dan energi anak yang tidak tersalurkan. Berilah kesempatan pada anak untuk melatih fisik dan gerakannya. Dengan begitu, anak memiliki kesempatan untuk menyalurkan ketegangan dan energi yang ada dalam dirinya.

6. Kurangnya penghargaan yang kita berikan pada anak. Bunda, mungkin seringkali lupa bahwa anak juga sangat membutuhkan perhatian dari kita. Sekecil apapun perilaku atau tindakannya, anak membutuhkan pengakuan atau penghargaan dari kita sebagai orang tua. Oleh sebab itu, berilah penghargaan (dapat berupa hadiah, kata-kata motivasi, pelukan, dll) kepada anak apabila ia menunjukkan sifat manis dan perilaku yang positif.

Bunda, tentunya juga diperlukan kesabaran dalam menghadapi masa sulit perkembangan anak kita. InsyaAllah, Allah akan memberikan kemudahan pada Bunda. Amin.

Demikian, semoga bermanfaat.

Referensi:
Buletin At Tazkya, edisi 1, Maret 2013

Terimakasih kepada Bunda Lilis Rahayu Wardani, S.Psi. Kepala LPI At Tazkya Kudus

With Love,
Bunda Aisykha

Posted from WordPress for Android

Iklan

2 pemikiran pada “PUNYA ANAK SUKA MARAH? MAU TAU KENAPA?

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s