12 Game Edukatif Gratis dari Android

Dear Bunda,

Semua ini berawal dari “kepo” nya Aisyah dengan gadget yang memang menyatu dengan keseharianku dan Abinya Icha. Aisyah juga mulai “kepo” dengan isi-isinya. Dia mulai mencoba menggeser-geser layarnya untuk mendapatkan foto imutnya yang memang aku pajang sebagai wallpaper. Kemudian mulai menanyakan ikon-ikon kecil yang ada di layarnya. “Ini apa Bun? Ini uwat apa Bun?”

Aisyah pun mulai tertarik dengan permainan “melempar burung yang terkenal pemarah”. Hampir setiap hari Aisyah meminta bermain permainan itu. Daripada Aisyah main game yang “hanya” sekadar game, akupun mulai “ubek-ubek” play store nya android untuk mencari game atau permainan yang mengandung unsur edukasi agar dapat bermanfaat untuk perkembangan otak Aisyah tetapi tetap mengandung unsur “fun”.

Ada banyak sekali game edukatif gratis yang disediakan Android, akan tetapi tidak semuanya mudah diaplikasikan, kapasitasnya juga kadang-kadang besar, atau kontennya tidak menarik. Nah, 12 game ini aku pilih karena beberapa alasan sebagai berikut.

Pertama, semua game ini bisa didownload secara free alias gratis dan kapasitas masing-masing tidak lebih dari 20MB. Kapasitas memang berbeda-beda disetiap gadgetnya, kapasitas yang aku gunakan sebagai patokan adalah kapasitas untuk tablet 7″. Keseluruhan game ini adalah game offline, setelah didownload tidak membutuhkan sambungan internet lagi ketika akan dimainkan.

Kedua, game-game ini mudah diaplikasikan atau dimainkan karena memang ditujukan untuk anak usia 2 sampai 4 tahun. Tombol-tombol dan petunjuk bermainnya mudah ditemukan dan dimainkan.

Ketiga, game-game ini mengandung unsur edukasi tetapi tetap memiliki unsur bermain yang berarti belajar sambil bermain, tetap ada musik dan keceriaan tampilan agar anak tidak bosan.

Baiklah Bunda, ini dia 12 game edukatif yang aku referensikan untuk didownload Bunda-Bunda pengguna Android (karena aku pakainya Android).

1. Kids Educational Game Free (PESCAPPS)

image

Game ini cocok untuk anak usia 2 – 4 tahun. Dalam satu game ini terdapat 10 jenis permainan. Mulai dari piano yang dapat digunakan untuk belajar notasi, angka, dan warna sekaligus. Kemudian ada juga permainan memori, mengingat, kemudian mencocokkan. Dalam satu game ini, kita juga bisa menggambar bebas, bermain bola dalam labirin, mencocokkan warna, profesi, ataupun kendaraan. Ada juga mencocokkan motif, mencocokkan suara binatang dengan gambar asli binatang, dan kita juga bisa memukul tikus tanah yang bermunculan di ladang.

Beragamnya permainan dalam satu game ini disajikan dalam bentuk full version dan tidak ada yang terkunci atau berbayar samasekali. Melalui permainan ini anak dapat belajar banyak hal, mulai dari musik, warna, angka, mengenali pola, binatang dan suaranya, memori otak atau mengasah ingatan, dan mencari jalan keluar melalui labirin.

2. Trains, Cars, and Game for Kids (PLANARSOFT)

image

Game ini terkenal dengan nama Tootooni Free. Dalam satu permainan ini sebenarnya ada 15 jenis permainan. Akan tetapi, ada 5 permainan yang hanya bisa dimainkan kalau kita membeli full version, yaitu Maze, Math, My Scratch, My Puzzle, dan My Water Paint. Tetapi, permainan lainnya yang disediakan gratis cukuplah untuk mengasah kreativitas anak kita.

Permainan tersebut antara lain, Tracks atau membuat trek untuk 3 kendaraan, Kereta, Mobil, dan Pesawat lengkap dengan suara ketiga kendaraan tersebut, kemudian permainan Match Pairs, dimana anak harus mengingat-ingat letak pasangan yang tersembunyi. Selain itu, ada permaiinan Puzzle dengan gambar-gambar lucu. Ada juga Finger Paint dengan gambar kendaraan yang dibuat selucu mungkin agar anak tertarik untuk mewarnainya. Dalam game ini juga ada Blackboard atau papan tulis yang dapat digunakan untuk belajar menulis huruf dan angka.

Game ini cocok untuk anak usia 2-4 tahun. Permainan ini dapat membantu mengasah kreativitas, daya ingat, dan pengetahuan tentang warna, angka, maupun huruf. Sayangnya, tidak semua permainan dapat diaktifkan dengan gratis. Untuk mendapat full version kita perlu membeli terlebih dahulu. Tetapi, permainan yang disediakan secara free sudah cukup beragam dan sangat edukatif.

3. Kids Preschool Puzzle Lite (INTELLIJOY)

image

Game ini berisi game tunggal, yaitu puzzle obyek mulai dari binatang, kendaraan, buah, bentuk, angka, maupun huruf yang didesain dengan lucu. Selain itu, anak dapat belajar mengenal warna dari potongan-potongan puzzle nya. Game ini adalah salah satu game favorit Aisyah, bahkan dalam beberapa hari Aisyah sudah hampir hafal menyusun potongan-potongan puzzle nya.

Versi gratis dari game ini sudah berisi cukup banyak puzzle, tetapi kalau ingin puzzle dalam jumlah yang lebih banyak lagi tentu harus download versi berbayarnya.

4. Moslem Kids Puzzle Ver 01 (KASTARI SENTRA MEDIA)

image

Sesuai dengan namanya, game ini berisi puzzle islami. Berisi gambar-gambar pemandangan dilengkapi dengan huruf hijaiyah, hobi, dan binatang. Diiringi latar belakang musik yang ceria, anak dapat menyusun puzzle sederhana yang hanya dibagi menjadi 4 bagian. Hal tersebut tentu memudahkan anak untuk bermain sekaligus belajar dari gambar-gambar yang telah berhasil disusun.

5. Kids Learn ABC Train (Lite) (YAMUNIX)

image

Anak akan diajak belajar mengenal huruf dalam bahasa Inggris melalui permainan ini. Mulai dari bernyanyi alfabet song dengan huruf yang dimuat di kereta yang berjalan, pengenalan huruf dengan gambar obyek yang memiliki inisial sama dan dilafalkan dengan bahasa Inggris. Game ini juga mengajarkan pada anak membaca huruf dengan bahasa Inggris yang dilengkapi dengan gambar buah dan sayuran, binatang, obyek sehari-hari, dan transportasi.

6. Marbel Belajar Huruf (EDUCA STUDIO)

image

“Marbel” sesuai dengan slogannya berarti mari belajar sambil bermain. Game ini mengajarkan pada anak untuk mengenal huruf dan bermain dengan huruf. Bedanya dengan permainan sebelumnya, pengenalan huruf dalam game ini seluruhnya menggunakan bahasa Indonesia. Game ini sangat sesuai untuk anak usia 2-3 tahun yang sedang belajar mengenal huruf.

Dalam game ini ada dua tahapan, yaitu belajar dan bermain. Tahapan belajar mengajak anak untuk mengenal huruf satu demi satu, dilafalkan dan diiringi dengan musik yang ceria. Sayangnya, dalam tahap belajar otomatis, ada 3 huruf yang hilang pelafalannya, yaitu X, Y, dan Z. Tetapi, tidak begitu bermasalah karena kita masih bisa melafalkannya sendiri.

Tahap bermain, disediakan 3 pilihan huruf dengan ukuran yang cukup besar dan warna yang mencolok. Selanjutnya, anak diminta untuk memilih huruf sesuai dengan yang dilafalkan. Huruf-huruf tersebut dilafalkan secara acak. Ketika anak memilih dengan benar, akan ada peringatan “pintar” disertai gambar dan “salah” ketika huruf yang dipilih tidak sesuai dengan yang dilafalkan.

7. Marbel Hijaiyah (EDUCA STUDIO)

image

Masih produk dari EDUCA STUDIO yang kali ini bertajuk Marbel Hijaiyah. Sesuai dengan namanya, kali ini anak diajak untuk mengenal huruf Hijaiyah.

Sesuai ciri khas permainan yang bertajuk Marbel, selalu ada 2 tahap dalam permainannya, yaitu belajar dan bermain. Hanya saja, dalam marbel hijaiyah ini kemasannya lebih menarik dan ceria dibanding dengan permainan marbel huruf.

Tahap belajar dikemas dalam bentuk yang ceria, gambar burung dan hewan semacam iguana yang full colour dan dilatar belakangi awan yang bergerak. Huruf hijaiyahnya sendiri terlihat dengan jelas. Hanya saja, pelafalannya bukan asli Jawa Indonesia, jadi ada beberapa lafal yang berbeda dengan lafal Jawa Indonesia (karena aku orang Jawa, untuk lafal dari daerah lain kurang menguasai).

Tahap bermain, menggunakan model mencocokkan huruf hijaiyah. Disediakan 5 pilihan huruf untuk mengisi 3 pola huruf hijaiyah yang kosong di kepala jamur. Caranya hanya digeser saja. Bila jawaban benar, huruf hijaiyah akan dilafalkan dan mendapat nilai. Bila huruf yang dipilih salah, kepala jamur akan menolaknya. Ada batasan waktu untuk menyelesaikan tugas ini. Iringan musik akan membuat anak lebih santai dalam bermain.

8. Preschool All Words 2 Lite (FUN4KIDS)

image

Game ini mengajak anak belajar menyusun kata-kata dalam bahasa Inggris. Sangat sesuai untuk anak yang mulai belajar membaca. Dengan membaginya menjadi 9 kategori, yaitu numbers, animal, colors, objects, shapes, food, classroom, body parts, dan transport, anak dapat belajar kata dalam bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Dalam permainan ini, anak diminta untuk menyusun huruf menjadi kata sesuai dengan gambar. Huruf yang sudah diacak harus digeser ke tempat yang sudah disediakan. Setiap huruf yang dipilih dan ditempatkan dengan benar akan dilafalkan, tetapi bila salah akan mendapat peringatan.

9. Marbel Belajar Mewarnai (EDUCA STUDIO)

image

Marbel belajar mewarnai, masih dari EDUCA STUDIO, aku memilihnya karena menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya dan hampir semua permainannya memiliki kapasitas rata-rata yang kecil. Berlatar belakang musik ceria dan warnanya menarik.

Marbel belajar mewarnai ini memiliki 10 pilihan gambar untuk diwarnai. Caranya juga sangat mudah karena selalu ada petunjuk di awal permainan. Setiap warna yang dipilih akan dilafalkan. Jadi, anak dapat mewarnai sambil mengenal warnanya. Hasil mewarnai juga dapat disimpan lho! Akan tetapi, mewarnai di sini bukan mewarnai bebas, tetapi mewarnai bagian demi bagian yang sudah ditentukan. Meskipun begitu, permainan ini tetap menarik karena gambar pola yang disediakan variatif.

10. Kids Finger Painting Art Game (TEACHERSPARADISE.COM)

image

Untuk sesi mewarnai kali ini, anak dapat mewarnai dengan bebas. Terdapat lebih dari 100 pola yang dapat diwarnai dengan bentuk yang lucu-lucu. Pilihan warna sangat beragam dan didesain seperti krayon agar lebih menarik. Hasil mewarnai dapat langsung di share ke berbagai sosial media yang kita miliki. Menggambar dengan game ini dijamin anak tidak akan cepat bosan. Aisyah suka sekali mewarnai sapi dan pesawat dalam game ini. Kata Aisyah, ” Gambang sapi yang emblot, Bun”.

11. Kids Painting Coloring Book (ENYSOFT)

image

Game ini juga masih berhubungan dengan mewarnai. Memang polanya tidak sebanyak game sebelumnya. Dalam game ini, hanya ada sekitar 40 pola yang dapat diwarnai. Pilihan warnanya juga hanya ada 9 buah. Tetapi, uniknya setiap goresan jari pada pola akan muncul yang namanya “twinkling stars” atau bintang-bintang kecil seperti dalam magic dan mengeluarkan suara seperti tongkat ibu peri. Hemm, Aisyah makin semangat menggoreskan jarinya untuk mewarnai, kata Aisyah, “Gambang yang ada tling-tling bintangnya, Bun”.

12. Marbel Muslim Kids (EDUCA STUDIO)

image

Lagi-lagi Marbel,  he he.. Ini adalah aplikasi Marbel favoritku. Melalui aplikasi ini, kita dapat mengajarkan pada anak tentang Islam dengan lebih menyenangkan. Bagaimana tidak? Dalam satu aplikasi ini, anak dapat belajar Rukun Iman, Rukun Islam, 10 Malaikat dan Tugasnya, 25 Nabi dan Rasul, Bulan dalam Islam, Hari dalam Islam, Huruf Arab, Angka Arab, Dzikir, Tata Cara. Wudhu, Tata Cara Sholat, dan Asmaul Husna. Kesemuanya itu diperdengarkan dan dilengkapi dengan gambar. Anak bisa melihat, menyimak, kemudian mengulanginya sendiri.

Nah Bunda, itulah 12 game edukatif gratis dari Android yang aku sarankan untuk didownload khususnya untuk Bunda yang memiliki buah hati usia 2-4 tahun. Namun, perlu diingat, Bunda juga harus dapat mengatur waktu kapan baiknya anak bermain dengan gadget. Karena bermain dengan teman sebaya, boneka, dan mainan nyata yang dimilikinya tentu masih jauh lebih sehat dan menyenangkan bila dibandingkan bermain dengan gadget. Jadilah Bunda yang bijak dalam mengatur waktu bermain anak, agar anak tetap tumbuh dan berkembang sesuai usianya.

Sekian dan semoga bermanfaat.

With Love,
Bunda Aisykha

Posted from WordPress for Android

Iklan

27 pemikiran pada “12 Game Edukatif Gratis dari Android

  1. Ping-balik: Bunda Aisykha: Aku dan Blog-ku | Bunda Aisykha

  2. Ping-balik: Pou! yang Bikin Gemes | Bunda Aisykha

  3. Ping-balik: 5 Aplikasi Editor Foto Favorit di Android | Bunda Aisykha

  4. Ping-balik: Sehari Tanpa Gadget: Its Okey, Be My Self Aja! | Bunda Aisykha

  5. Ping-balik: Bunda Aisykha: Anak dan Perkembangan Teknologi | Bunda Aisykha

  6. Wah, lumayan untuk game anak saya biar cepat bisa baca,
    trs lulus sekolah, jadi pengusaha, bikin pasantren dan keliling dunia bersama
    orang tuanya, Amin, maaf katanya kalau keinginan mesti banyak di tulis,
    trims ya

  7. Ping-balik: Belajar Mendidik Anak ala Game Edukatif di Android | Tita Kurniawan

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s