INDONESIA DALAM 5 KALIMAT

Assalamu’alaikum,

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-68
MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA!!

Tak terasa, negriku tercinta kini telah merdeka 68 tahun lamanya. Indonesia, meskipun masih berpredikat sebagai negara berkembang, tetapi setidaknya Indonesia telah maju dalam beberapa bidang. Prestasi di dunia Internasional juga tidak kalah dengan negara maju.

Akan tetapi, Indonesia masih harus banyak berbenah di dalam negri, karena belenggu korupsi. Korupsi yang sepertinya sudah mendarah daging masih sulit dibinasakan. Nampaknya, harus dibasmi hingga ke akar-akarnya agar ke depannya Indonesia dapat terbebas dari penjajah yang bernama korupsi.

Selesai bicara korupsinya, karena bukan korupsi yang akan dibahas di sini. Tetapi, apa pendapat generasi muda saat ini, tentang Indonesia. Generasi muda yang sekarang-sekarang ini juga mulai menurun semangat nasionalismenya.

Nah, dalam rangka menggali seberapa besar rasa nasionalisme generasi muda saat ini. Aku iseng-iseng “memaksa” anak-anak binaanku yang tergabung dalam OPERET ANAK MERDEKA atau biasa disebut para Oam’ers untuk menulis dengan tema “Indonesia, Saat Ini” dalam 5 kalimat. Tidak tanggung-tanggung, 3 tulisan terbaik, akan mendapat hadiah pulsa gratis. He he dasar anak muda, diiming-imingi pulsa gratis barulah semangat.

Tulisan tangan mereka aku tulis kembali dalam blog ini berdasarkan urutan umur anak binaanku. Mereka rata-rata berusia 10-19 tahun. Inilah, goresan pena mereka “Indonesia saat ini, dalam 5 kalimat”

image

Indonesia adalah negara berkembang. Indonesia adalah negara merdeka. Indonesia adalah negara agraris. Belajar mengenal adat Indonesia. Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajah.
(Yaya, 10 tahun)

Indonesia adalah negara tanah airku. Indonesia adalah negara tumpah darahku. Indonesia negara banyak orang yang korupsi. Indonesia sekarang BBM naik. Aku bangga dengan Indonesia, hidup Indonesia.
(Tyas, 13 tahun)

Indonesia adalah negara yang subur, kaya akan budaya. Indonesia bebas dari penjajahan negara lain. Sekarang banyak harga-harga sembako yang naik tinggi hingga orang-orang kuwalahan. Harga BBM juga naik. Banyak aturan yang dilanggar masyarakat.
(Yudha, 13 tahun)

Indonesia itu indah. Indonesia negeri kepulauan. Indonesia agraris. Indonesia kaya dengan kekayaan alamnya. Indonesia sekarang sedang bersedih karena banyak pembunuhan, pejabat tinggi korupsi, dan lain-lain.
(Risti, 13 tahun)

Belajar untuk berkarya bagimu Indonesia. Indonesia negara maju dan berkembang. Indonesia adalah tanah airku. Indonesia negara adil dan makmur. Indonesia negara yang banyak korupsi.
(Lia, 14 tahun)

Belajar membela negara Indonesia. Indonesia adalah negara merdeka. Indonesia adalah negara berkembang. Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan. Indonesia adalah negara agraris.
(Ita, 14 tahun)

Indonesia adalah negara kaya akan sumber daya, tapi miskin pemanfaatannya. Negri beribu penduduk juga beribu masalah korupsi dan ekonomi penduduk. Indonesia adalah negara yang berbeda suku bangsa, agama, budaya, tapi menjadi satu, yaitu bangsa Indonesia. Indonesia adalah negara seribu perjuangan, tapi satu tujuan (Merdeka). Indonesia adalah negara banyak penduduk, tapi sedikit kesempatan kerja.
(Anang, 15 tahun)

Indonesia kini hanya tempat-tempat orang korupsi. Tak memikirkan rakyat-rakyat tak berada. Kuhanya ingin pada HUT ke-68 ini, Indonesia lebih maju. Ku juga ingin para koruptor dihukum sepantasnya. Dan aku juga ingin masyarakat membantu pemerintah untuk mensejahterakan rakyat.
(Ula, 15 tahun)

Indonesia negeri khatulistiwa. Indonesia negeri seribu budaya. Indonesia kaya akan keindahan alam. Tapi Indonesia miskin akan kepedulian pada masyarakat. Dan Indonesia miskin akan kesadarannya pada kebersihan.
(Dita, 15 tahun)

Indonesia adalah negara yang mementingkan keadilan. Indonesia negara yang selalu mempertahankan persatuan dan kesatuan. Indonesia negara yang selalu menaati peraturan yang berlaku. Indonesia negara yang memiliki rasa simpati yang sangat besar. Indonesia identik dengan kulit penduduknya yang coklat.
(Afa, 16 tahun)

Indonesia sangat maju. Indonesia terdiri dari suku bangsa. Kita sebagai anak Indonesia harus bisa memajukan Indonesia. Indonesia adalah tumpah darahku. Mari kita semangat, harus jadi diri sendiri.
(Ifa, 16 tahun)

Di Indonesia banyak terjadi pengangguran. Di Indonesia sering terjadi banjir hingga memakan banyak korban karena banyak masyarakat yang membuang sampah disembarang tempat dan seringnya penggundulan hutan. Maraknya tindakan sosial di Indonesia. Zaman sekarang banyak warga di Indonesia yang tidak mementingkan kebersihan, akibatnya warga banyak terserang penyakit. Banyak warga yang tidak sadar karena telah memakan uang negaranya sendiri yaitu korupsi.
(Dewi Rohil, 16tahun)

Indonesia adalah tanah airku dan tumpah darahku. Butuh perjuangan dan pengorbanan untuk memperjuangkan kemerdekaan buat bangsaku. Para pejuang telah berhasil mengibarkan bendera kemerdekaan buat bangsaku yaitu tanggal 17 Agustus 1945. Berkat jasa para pahlawan akhirnya Indonesia menjadi bangsa yang makmur dan sejahtera. Aku bangga menjadi penerus generasi bagi negeriku yaitu Indonesia.
(Vivi, 17 tahun)

Merdeka,,Merdeka,,Merdeka,,sekarang hanya ucapan. Tidak sesuai dengan harapan bangsa. Bangsa yang sejahtera, aman, tentram hanyalah impian belaka. Itulah bangsa Indonesia yang saat ini. Kata Merdeka hanyalah sebuah perjuangan masa lalu yang tidak dilanjutkan ke masa sekarang.
(Lili, 18 tahun)

Indonesia terdiri dari beribu pulau. Indonesia sangat kaya, namun SDM nya tidak dapat maksimal mengelolanya. Korupsi, kolusi, nepotisme, ketidakadilan dan pemberian harapan palsu merajalela di Indonesia. Indonesia kurang peduli pendidikan. Pembunuhan sesama saudara juga merajalela.
(Putri, 19 tahun)

Itulah ungkapan perasaan dan pikiran anak-anak binaanku tentang Indonesia. Ada yang polos, ada yang menggebu-gebu, ada yang sinis, tetapi ada pula yang menilai Indonesia dengan begitu positif. Apapun yang mereka tulis adalah murni dari diri mereka sendiri. Penilaian mereka terhadap bangsa dan negara yang mereka cintai.

Demikian, dan semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum.

With love,
Bunda Aisykha

Posted from WordPress for Android
Thank you for coming. May Allah always give u n u’re family all d best. Amin.

Iklan

4 pemikiran pada “INDONESIA DALAM 5 KALIMAT

  1. hhhmmm…. anak2 yang cerdas ya mbak.. aku suka tulisannya Anang. Paradoks ya negara kaya sumber daya tapi miskin pemanfaatan, dst…
    moga2 Indonesia bisa semakin baik kedepannya 🙂

  2. Keren keren anak-anaknya 😀 Kritis juga mereka, menyebut koruptor dan BBM naik. Semoga jadi generasi penerus bangsa yang penuh tanggung jawab, terutama kepada Allah

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s