5 Aplikasi Editor Foto Favorit di Android

Dear all,

Selama aku menggunakan android, aku memang menemukan banyak kemudahan. Ngeblog dengan wordpress for android. Bermain game edukatif dengan Aisyah atau memelihara Pou yang menggemaskan. Sekarang ini, aku ingin menulis kemudahanku mempercantik foto-fotoku dengan aplikasi gratis yang disediakan pula oleh Android.

Yah, foto-foto koleksiku banyak sekali, apalagi foto Aisyah, hemmm. Saat sedang tidak banyak pekerjaan, biasanya aku iseng mempercantik foto-foto yang aku miliki. Begitu pula saat akan menambahkan foto untuk keperluan tulisan di blog. Foto terlebih dahulu akan aku edit sesuai dengan tema tulisanku. Pernah juga, aku tidak memiliki foto yang sesuai dengan tema tulisan, akupun harus menggambar sendiri. Sejak saat itulah, aku mulai mengkoleksi editor foto yang dapat mengakomodir kebutuhanku.

Ada banyak sekali aplikasi editor foto gratis di Android. Dari sekian banyak, ada 5 yang aku referensikan untuk diunduh. Menurutku, dari segi kemudahan, variasi, dan pilihan upload connection-nya, 5 aplikasi editor foto inilah favoritku.

1. Bliss Cam (Amazing Studio)
Namanya di play store adalah Photo editor, effect, & frames dari Amazing Studio. Bliss hanya dapat digunakan untuk single foto dalam sekali edit. Bliss tidak dapat digunakan untuk mengedit lebih dari satu foto alias multi foto atau college.

image

Aku belum lama berkenalan dengan Bliss ini, tetapi aku langsung jatuh cinta dengan konten yang dimilikinya. Bliss memiliki banyak pilihan efek. Ada 4 kelompok efek yang bisa kita pilih, yaitu Colours, Bokeh, Hearts, dan Jewelry Hearts. Masing-masing memiliki banyak variasi, warna, dan bentuk. Begitu pula dengan jenis figuranya. Dijamin akan pusing memilihnya karena semua bagus-bagus. Belum lagi ditambah glows, gelembung yang berwarna-warni dengan berbagai variasi untuk mempercantik foto.

image

Kita juga dapat menambahkan teks pada foto, tetapi tidak dapat dirubah tata letaknya. Pemilihan jenis huruf dan warnanya juga tergantung pada pilihan figura kita. Selain itu, Bliss Cam ini memiliki galeri foto sendiri yang disusun berdasarkan tanggal pengambilan fotonya, bukan berdasarkan judul album seperti pada umumnya.  Jadi, memang agak susah apabila kita ingin mempercantik foto-foto lama, karena harus mundur untuk mencari keberadaannya.

2. Picsay (Shinycore)
Namanya di play store adalah PicSay-Photo Editor dari Shinycore. Sama dengan Bliss Cam, Picsay ini kategori single photo editor. Picsay yang ini adalah versi gratisnya, untuk versi berbayarnya ada PicSay Pro. Meskipun ada versi berbayarnya, PicSay versi gratis ini juga sudah cukup lengkap.

image

Sebelum mempercantik foto melalui PicSay, kita akan diminta memilih ukuran foto yang kita kehendaki. Ada dua pilihan, fast dan normal. Fast cocok untuk mobile devices, sedangkan normal cocok untuk e-mail, blog, atau website.

image

Melalui PicSay ini kita bisa mempercantik foto dengan berbagai stiker dan beberapa efek yang disediakan. Tidak terlalu banyak, memang, tetapi PicSay ini dilengkapi dengan distort, spotlight, marker, dan pixelize. Juga beberapa efek lain yang bisa kita atur secara manual. Kita juga bisa menambahkan teks dengan beberapa model dan jenis huruf. Tetapi, jangan mencari frame atau lace, ya, karena memang tidak ada frame ataupun lace dalam PicsSay. Setelah selesai, kita bisa langsung mengirim foto-foto kita ke berbagai media sosial yang kita miliki, termasuk mengirimnya ke grup bbm dan kontak bbm.

3. Photo Grid (Roidapp)
Photo Grid-College Maker atau lebih dikenal dengan Photo Grid adalah besutan Roidapp. Meskipun namanya collage maker tetapi Photo Grid ini dapat juga digunakan untuk single foto. Editor foto dengan tampilan yang sejuk ini menyediakan 6 menu, Grid, Single, High,  Wide,  Free, dan Sketch Guru.

image

Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan Photo Grid ini. Yang paling aku suka adalah pilhan stiker labelnya yang lucu-lucu. Selain itu, kita juga bisa menambahkan tulisan dengan berbagai jenis huruf, warna, dan bisa ditambah background sesuai pilihan kita. Ada juga efek yang bisa kita tambahkan, tetapi memang, efeknya standar saja, tidak sebanyak yang dimiliki oleh Bliss Cam. O ya, Photo Grid ini juga mencantumkan watermark otomatis, lho. Tinggal kita mau menambahkan atau tidak. Setelah selesai, kita bisa berbagi melalui media sosial apapun, yang kita miliki tentunya 😉

4. Photowonder (Baidu Int’l Inc.)
image

PhotoWonder adalah foto editor untuk single dan collage foto besutan Baidu Int’l Inc. PhotoWonder ini adalah salah satu foto editor yang cukup lengkap. Kalau mahir menggunakan semua konten yang ada, foto yang dihasilkan akan benar-benar “wonder“.

image

Efek yang dimiliki PhotoWonder cukup banyak. Ada 4 kategori, yaitu portrait, lomo, scene, dan art. Cukup untuk membuat kita mupeng memilihnya 😉 Photowonder juga memiliki konten unik bernama Beautify, yang di dalamnya berisi :
One-click: pengaturan cahaya dengan tingkatan 1-5
Slim: untuk merampingkan, terutama bagian pipi
Breast : untuk mengatur komposisi bagian dada
Better Skin : pengaturan cahaya dari keras ke lembut
Dark rim : untuk menyamarkan noda hitam
Intel-beauty : merampingkan dan membesarkan
Large Eye : memperbesar mata
Anti-acne : membersihkan jerawat
Make-up : untuk menambahkan eyeline dan blusher
Red Eye : memperbaiki mata merah

Selain itu, melalui PhotoWonder kita juga bisa menambahkan aksesoris, stiker, manual brush dengan bentuk yang lucu-lucu, serta balon tulisan, untuk menambahkan tulisan dalam foto. Akan tetapi, harus agak berhati-hati karena sepertinya balon tulisannya tidak bisa diatur ukurannya. Sayangnya, PhotoWonder tidak menyediakan fasilitas khusus untuk menulis, kecuali balon tulisan.
image

Untuk urusan frame, PhotoWonder membaginya menjadi frame dan lace. Frame PhotoWonder variasinya tidak begitu menarik. Sebagai gantinya, disediakan lace. Lace memiliki bentuk dan variasi yang menarik. Lace bawaan dari Photowonder tidak cukup banyak. Untuk menambahnya kita bisa mengunduh dengan gratis. Hanya saja, dibutuhkan koneksi internet untuk mengunduhnya. Begitu juga untuk menambah aksesoris maupun stiker.

Ingat ya, Photowonder membedakan lace untuk jenis foto portrait (vertikal atau disingkat v) dan landscape (horizontal atau disingkat h). Jika kita mengunduh lace saat mengedit foto portrait, kita tidak dapat menemukan kembali lace yang kita unduh saat kita mengedit foto landscape. Jadi, jangan kaget ketika lace yang telah kita unduh menghilang, bisa jadi jenis foto yang kita edit berbeda. Kalau ingin gampang, diunduh saja semuanya, gratis kok 😉

5. PicsArt (PicsArt)
image

PicsArt-Photo Studio dari PicsArt adalah editor foto favoritku. Melalu PicsArt, aku sudah mempercantik banyak foto. Sebagian besar foto yang aku miliki aku edit melalui PicsArt. Selain kemudahan, variasi yang dimiliki PicsArt melebihi foto editor yang lain. Meskipun tidak memiliki beautify seperti PhotoWonder, tetapi pilihan efek, frame, stiker, maupun clipart yang dimiliki PicsArt jauh lebih variatif. Dengan PicsArt ini pula aku membubuhkan watermark di setiap foto-fotoku.
image

PicsArt memiliki konten yang cukup lengkap, baik untuk single maupun multi foto (collage). Efek foto yang dimiliki PicsArt cukup variatif, belum lagi frame, background, serta clipart dengan berbagai tema, dan stiker dengan tiga pilihan ukuran, yaitu small, medium, dan large yang sangat menarik. Ada juga Lens Flare yang dapat menambah efek gelembung cahaya pada foto kita. PicsArt memungkinkan kita menambah foto pada foto yang sedang kita edit, lho. PicsArt juga dilengkapi dengan border, shape crop, maupun free crop. Dengan begitu, kita bisa membentuk foto sesuai keinginan kita. Selain itu, ukuran foto juga dapat kita atur dengan fasilitas resize yang dimiliki PicsArt.
image

Melalui PicsArt, kita dapat menambah tulisan dengan berbagai jenis huruf, warna, maupun bentuknya. Tata letak juga dapat kita atur sesuai selera. Bila belum cukup puas, kita juga dapat menggambar sendiri sesuai keinginan kita apa yang ingin kita tambahkan pada foto dengan menggunakan fasilitas draw. Jika kita ingin menambah koleksi stiker, clipart, frame, atau background, kita bisa langsung menuju shop yang disediakan PicsArt, dengan koneksi internet tentunya. Ada banyak pilihan tema yang bisa kita unduh, baik gratis maupun berbayar.

Nah, itulah 5 aplikasi editor foto yang aku referensikan untuk diunduh. Aku bisa menggunakan hingga dua editor foto untuk sekali edit. Aku kombinasikan agar foto terlihat lebih menarik.

Demikian, semoga bermanfaat.

With Love,
Bunda Aisykha

Protected by Copyscape Web Plagiarism Checker

Posted from WordPress for Android
Thank you for coming. May Allah always give u n u’re family all d best. Amin.

Iklan

28 pemikiran pada “5 Aplikasi Editor Foto Favorit di Android

  1. memang Android sedang naik daun. sedih rasanya kalo mengingat zamannya symbian, yang sekarang sudah gak diproduksi lagi.
    hp ku masih berbasis symbian -_-

  2. aku sudah pernah nyobain foto wonder..asyik punya,,,,,,
    btw-aku lagi bikin lomba GA, dicari 32 orang blogger yang suka nulis dan corat coret untuk jadi pemenang dan mendapat hadiah guft menarik dari Makassar, Toraja dan Martapura Kalimantan Selatan…salam

  3. Eh mak, aku pake photogrid dan photowonder.
    Keren nih ulasannya. utk photowonder malah aku belom pernah coba. lucu juga bisa sekreatif itu sticker2nya

  4. Ping-balik: 5 Aplikasi Editor Foto Menarik di Android | Tita Kurniawan

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s