Mengatasi Mata Panda

Dear all,

Kurang tidur, kurang istirahat, atau sedang sakit bisa membuat wajah menjadi kusut. Di saat itu pula biasanya muncul semacam kantong coklat kehitaman di area bawah mata kita. Itulah yang sekarang ini terkenal dengan sebutan mata panda.

Bagi sebagian orang, mata panda memang sangat mengganggu penampilan. Wajah menjadi kusut dan terlihat sangat tidak fresh. Begitu juga denganku. Untuk menghilangkan atau mengurangi mata panda itu, aku punya resep tradisional, yaitu:
– siapkan kapas dan air es.
– rendam kapas dalam air es sebentar.
– tiriskan kapas tapi jangan sampai kering.
– berbaring, pejamkan mata, kemudian tempelkan kapas pada mata kita, kanan dan kiri.
– tenangkan pikiran dan nikmati sensasi kapas dingin di mata kita.

Nah, itu adalah cara tradisional yang aku gunakan selama ini. Biasanya aku gunakan cara ini pada malam hari. Bagiku, cara tradisional ini memang sudah cukup. Tetapi, bagaimana kalau mata panda itu tidak juga hilang? Agar lebih mengenal apa itu mata panda dan bagaimana cara yang benar untuk mengatasinya, kebetulan aku menemukan sebuah artikel yang berhubungan dengan mata panda.

Artikel ini adalah artikel yang dimuat di Radar Kudus, Sabtu, 2 November 2013 yang lalu, tapi karena banyak kesibukan, *jaillah sok sibuk aja padahal* jadilah aku baru sempat membacanya hari ini. Artikel ini adalah konsultasi Health & Beauty dengan dr. Renni A Yuniati, Sp.KK dari Muntira Skin Care. Kali ini temanya adalah Mata Panda. Artikel ini aku tulis kembali, sama dengan aslinya, barangkali dapat bermanfaat bagi bunda-bunda yang bermasalah dengan mata panda. Simak yuuk tips-tips berikut ini.

image

Satu hal yang penting diketahui adalah bahwa kulit di area mata memiliki lapisan yang sangat tipis dibanding dengan kulit pada area lain di wajah, namun memiliki struktur yang lebih kompleks. Hal inilah yang membuat kulit di area mata menjadi lebih mudah membengkak (eye’s bag) atau Mata Panda.

Tipisnya lapisan kulit di area ini, membuat pembuluh darah yang ada di bawah kulit menjadi lebih mudah terlihat. Sehingga ketika ada “faktor x” seperti kurang tidur, merokok, menderita penyakit tertentu, juga masalah genetik muncul, maka pembuluh darah yang melebar menjadi terlihat pada permukaan kulit. Menghasilkan lapisan kulit berwarna lebih gelap di sekitar, terutama di bawah mata.

Selain itu,  tipisnya lapisan kulit di area mata menjadikan struktur kulit yang kekurangan kolagen jadi lebih mudah terlihat. Akibatnya, kerutan halus terutama di sudut luar mata yang populer disebut crow’s feel atau jejak kaki burung gagak mudah muncul.

dr. Renni A. Yuniati,  Sp.KK dari Muntira Skin Care mengatakan, untuk mengatasinya ada beberapa hal eksternal yang bisa dilakukan.

1. Gunakanlah krim mata sejak dini. Pilih krim mata yang kaya akan pelembab untuk mempertahankan kekenyalan dan kelembaban kulit, juga mengandung antioksidan.

2. Rajin membersihkan kulit di area mata dengan pembersih formulasi khusus yang ringan–namun efektif mengangkat sisa kosmetik–dan  memakai masker mata juga bisa membantu meningkatkan kondisi kulit seputar mata.

3. Biasakan juga untuk melakukan pemijatan khusus area mata (facial & eye acupressure) untuk membantu merangsang sirkulasi darah di daerah tersebut. Juga untuk meningkatkan kerja jaringan limpa sehingga terhindar dari masalah kantong mata dan lingkaran hitam.

4. Jika masih belum teratasi, perlu treatment khusus, yakni Beauty Defect Repair (BDR) yang memiliki manfaat antara lain, peningkatan penampilan kulit, penyempurnaan struktur kulit, meminimalkan masalah atrofi (pengecilan atau penyusutan jaringan otot atau saraf), meminimalkan garis ekspresi (garis yang terbentuk akibat ekspresi wajah sehari-hari, seperti garis kening, sudut mata, atau sudut bibir), meningkatkan tonisitas dan elastisitas, merangsang dan mempercepat pembelahan sel, mengaktifkan kembali fungsi tubuh sendiri kulit, dan dapat mengurangi kerutan di bawah mata. Setelah lemaknya dibersihkan, kemudian dilanjutkan dengan chemical peeling dan menggunakan krim mata dari Muntira Skin Care.

Info lebih lanjut bisa mengunjungi Muntira Skin Care atau twitter @muntiraskin.

Demikian, semoga bermanfaat.

With Love,
Bunda Aisykha

Posted from WordPress for Android
Thank you for coming. May Allah always give u n u’re family all d best. Amin.

Iklan

4 pemikiran pada “Mengatasi Mata Panda

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s