Tentang “Manfaat Buku Himpunan Soal Ujian”

Dear all,

Membaca tulisan pak dhe yang bertajuk “Manfaat Buku Himpunan Soal Ujian” sangat sesuai dengan keseharianku sebagai pengajar di sebuah lembaga bimbingan belajar. Artikel pak dhe ini sangat bisa aku terapkan pada murid-muridku. Tips singkatnya sangat masuk akal dan mudah diaplikasikan. Sekaligus memberi masukan bagi para pengajar bagaimana sebaiknya mempersiapkan murid-murid agar lebih siap menghadapi ujian.

Artikel ini diawali dengan pemaparan tentang pengalaman pak dhe dalam menghadapi ujian pada saat bersekolah dulu. Jauh lebih tidak mudah bila dibandingkan dengan anak-anak zaman sekarang. Anak zaman sekarang diuntungkan dengan adanya bimbingan belajar, try out, pengarahan dan doa bersama dari sekolah, termasuk himpunan soal ujian, baik itu yang berbentuk buku maupun artikel soal-soal ujian di internet.

Memang benar adanya, semakin sering berlatih mengerjakan soal-soal, anak akan semakin terbiasa menghadapi bentuk-bentuk soal yang seringnya sama dari tahun ke tahun. Aku sudah mengamati dan memraktekkannya sendiri. Soal ujian dari tahun ke tahun memiliki pola yang hampir sama, hanya kalimat-kalimatnya saja yang berbeda. Pada dasarnya, kisi-kisi soalnya masih seputar itu-itu saja. Bila anak terbiasa mengerjakan soal-soal, insyaAllah ujian tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ditambah lagi, bila mau mengikuti tips singkat yang diberikan pak dhe di artikel ini.

Menurut pendapatku, artikel pak dhe ini lebih cocok bila diberi judul “Tips Singkat Menghadapi Ujian”. Gregetnya lebih kena dan lebih menyeluruh daripada judul yang sebelumnya. Karena, masih menurut pendapatku lagi, manfaat buku himpunan soal ujian hanya dibahas dalam satu paragraf. Memperbanyak latihan soal dari himpunan soal ujian, pada akhirnya juga masuk dalam tips singkat itu.

Nah, begitulah tanggapanku tentang artikel pak dhe ini. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tulisan ini disertakan dalam Giveaway 2 Hari.
image Dan berhasil menjadi salah satu pemenangnya.

With Love,
Bunda Aisykha

Posted from WordPress for Android
Thank you for coming. May Allah always give u n u’re family all d best. Amin.

Iklan

19 pemikiran pada “Tentang “Manfaat Buku Himpunan Soal Ujian”

      1. padahal nggak bagus buat kesehatan karena jadinya begadang. hehehe….

        tapi saya emang nggak terlalu gimanaaaaa gitu soal belajar.

        pas kuliah, kalau besok ujian malamnya saya malah tidur, sedangkan temen se-kost pada ribut belajar bareng.

        pas hasil ujian keluar, mereka ngomel2 heran: “kamu tuh nggak belajar tapi lulus aja, gue malah ngulang.”

        padahal saya juga ada yang nggak lulus, itu sih beruntung aja πŸ˜€

      2. sepertinya sekedar keberuntungan, IQ saya belom bisa nyaingin Einstein kok πŸ˜†

        kalau waktu SD, SMP, SMA kan emang gurunya banyak yang jelasin di kelas, bunda. Jadinya saya dengerin itu aja cukup, kalau udah nggak di sekolah ya waktunya main, nggak ada ceritanya saya belajar tekun. Bacaan juga novel. πŸ˜€

        Nah kalau kuliah kan nggak gitu, dosen jarang ngejelasin, mesti baca textbook. Saya tetep kayak jaman SD. hihihi…. makanya kayaknya keberuntungan lebih mendominasi kelulusan ujian saya πŸ˜€

  1. Ayah sy pembimbing peserta olimpiade sains. Beliau dari dulu paling bete ama penjejalan rumus tanpa memberikan fondasi keilmuannya.
    Sukses untuk Pak Dhe dan Bundanya Aisyah, semoga jadi pengajar hebat! (y) πŸ˜€

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s