12 Istilah Lain Kerjasama dari Penjuru Daerah

Dear All,

Masyarakat Indonesia tentu sangat akrab dengan budaya gotong royong. Yaitu bekerja secara bersama-sama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan didasari rasa ikhlas, kesadaran diri sendiri, tanpa mengharapkan imbalan. Budaya gotong royong atau kerja sama ini telah mengakar lama di negri ini. Hanya  saja, masing-masing daerah di Indonesia memiliki istilah yang berbeda-beda untuk menyebut gotong-royong atau kerja sama ini. Biasanya sesuai dengan bahasa daerah masing-masing. Dan aku berhasil mendokumentasikan 12 istilah lain kerjasama dari penjuru daerah.

12 istilah lain kerjasama dari penjuru daerah ini pertama kali aku baca secara tidak sengaja di sebuah kalender yang berada di meja sekretaris tempatku mengajar, beberapa waktu lalu. Kalender meja tahun 2013 itu pun kemudian aku ambil dan aku bolak-balik. Aku baru sadar, ternyata kalender meja dari sebuah bank swasta itu tidak hanya berisi foto-foto cantik hasil jepretan fotografer profesional saja, tetapi juga berisi istilah-istilah lain kerja sama dari penjuru negri.

image

Satu tahun lamanya kalender itu berdiam di situ, bertindak sebagaimana fungsinya, dan selama itu pula aku tidak peduli pada isinya. Padahal, waktu adikku mendapat tugas rumah mencari kata lain sambatan dari daerah lain, susahnya bukan main. Agar tak terbuang sia-sia, seiring dengan berakhirnya tugas sang kalender, akupun kemudian mendokumentasikannya di sini. Inilah 12 istilah lain kerja sama dari penjuru daerah.

Gugur Gunung
Daerah Istimewa Yogyakarta
Gugur gunung memiliki makna kerja sosial yang dilakukan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan berat, seolah-olah seperti meruntuhkan gunung.

Sambatan
Pesisir Timur Jawa
Budaya kerja sama antarmasyarakat yang diadakan di daerah pesisir timur Jawa yang mencakup mata pencaharian, membangun atau pindah rumah, pernikahan, dan kematian.

Song-Osong Lombhung
Bangkalan, Madura
Istilah kerja sama yang ada di lingkungan masyarakat Madura, termasuk pekerjaan bertani garam. Umumnya petani di Madura bekerjasama pada saat mengumpulkan garam yang nantinya akan membentuk bukit-bukit garam berwarna putih di seluruh areal pembuatan garam.

Ngayah
Bali
Kerja bakti untuk berbagai ritual keagamaan atau masalah adat kemasyarakatan yang bersifat tulus ikhlas, seperti dalam acara ngarap. Kegiatan kerja bakti ini merupakan penerapan konsep ‘kerja untuk sebuah persembahan’ atau dikenal dengan istilah Karma Marga Yoga.

Pawoda
Nusa Tenggara Timur
Kerja sama yang melibatkan sekelompok orang untuk membangun sebuah rumah dengan upacara khusus seperti berpuasa dan bersama-sama mengukir tiang pancang.

Helem Foi Kenambai Umbai
Papua
Semangat kerja sama untuk menghasilkan karya di Festival Danau Sentani, yang bertujuan menggerakkan ekonomi dan memberi kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Bari
Ternate, Maluku Utara
Budaya kerja sama dalam festival kora-kora untuk menumbuhkan kembali semangat bahari kepada generasi muda Ternate.

Ammossi
Sulawesi Selatan
Kerja sama sekelompok orang untuk memberi pusat pada pertengahan perahu yang dilanjutkan dengan menarik perahu tersebut ke laut.

Mapalus
Minahasa, Sulawesi Utara
Kerjasama masyarakat untuk saling menolong secara aktif dalam mencapai tujuan bersama, misalnya bekerjasama membantu tetangga pindah rumah dengan mengangkat rumah tersebut ke daerah yang baru.

Paleo
Kalimantan Timur
Kegiatan perayaan yang melibatkan kerja sama sekelompok masyarakat dengan tujuan memohon berkat Tuhan, agar padi yang ditanam menghasilkan bulir yang berlipat-lipat hingga membawa kemakmuran. Perayaan diadakan berpindah-pindah dari satu desa ke desa lainnya setiap tahun.

Hoyak Tabuik
Padang Pariaman, Sumatera Barat
Kerja sama masyarakat di acara ritual tolak bala untuk membawa serta mengayak Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang menjelang matahari terbenam.

Siadapari
Sumatra Utara
Kegiatan bercocok tanam yang dilakukan masyarakat Batak Toba untuk mengerjakan tanah dari masing-masing anggota kelompok dan secara bergiliran. Keanggotaan kelompok sifatnya sukarela dan masa berdirinya tergantung persetujuan peserta.

Demikianlah 12 istilah lain kerja sama dari penjuru daerah yang berhasil aku abadikan. Semoga bermanfaat.

With Love,
Bunda Aisykha

Sumber: Kalender Meja BCA tahun 2013

Thank You for coming. May Allah always giving you and your family all the best ๐Ÿ™‚

Iklan

6 pemikiran pada “12 Istilah Lain Kerjasama dari Penjuru Daerah

  1. jadi inget kalau dapat kalender meja dari sebuah bank dan baru dipasang baru-baru ini karena habis beres2. cuma foto-foto biasa aja, nggak ada info yang bisa dipublikasikan ๐Ÿ˜€

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s