Menikmati 5 Varian Soto Mie

Dear All,

Mie??
Siapa yang tidak suka mie?

Sebagian besar orang Indonesia suka makan mie, terutama mie instan. Bahkan ada yang lebih suka makan mie daripada makan nasi ๐Ÿ˜€ Itulah aku.

Aku penggemar mie. Terutama mie instan goreng. Beragam pilihan rasa yang ditawarkan saat ini, selalu menggodaku untuk makan mie. Tapi, tidak setiap hari yaa. Karena mie instan memang agak kurang sipp untuk pencernaan. Paling sering 2-3 kali seminggu, itu maksimal.

Ketika aku sedang memilih-milih mie instan, aku pun tergoda pada mie instan rasa soto. Karena hampir semua merk mie instan mengeluarkan varian rasa soto yang memang khas Indonesia. Aku jadi tertarik untuk mencoba mencari rasa soto apa yang paling mak nyuss di lidahku.

Aku pun membeli 5 varian soto mie dari semua merk. Yaitu, Indomie Soto Mie, Indomie Soto Spesial, Indomie Soto Lamongan, Mie Sedaap Soto, dan Sarimi Isi 2 Soto Koya Jeruk Nipis.

image

5 varian soto mie ini akan aku masak dengan caraku sendiri. Karena aku tidak suka makan mie yang berkuah alias mie rebus, aku pun akan menyulap 5 varian mie soto ini menjadi mie goreng ๐Ÿ˜€ Yes! Cara favoritku untuk menikmati mie instan adalah dengan menjadikannya mie kering (tanpa kuah) a.k.a mie goreng.

Cara memasaknya gampang saja. Mie direbus seperti biasa. Tetapi, setelah mie matang dan ditiriskan, aku mengguyur mie nya lagi dengan 1-2 gelas air panas. Katanya sih, agar lapisan lilin yang ada pada mie dapat larut dan lebih cocok dengan tingkiliyu dipencernaanku ๐Ÿ˜€

Setelah itu, bumbu-bumbu pun dituang di piring. Kecuali, sayuran keringnya, kalau ada tentu ikut direbus bersama mie. Nah, karena diolah tanpa kuah, bumbunya cukup digunakan 3/4 bagian saja. Kalau bumbu dan bubuk koyanya dimasukkan semua, rasanya akan jadi terlalu asin. Untuk minyak dan bubuk cabe sih, masuk semua. Lalu, aku tambahkan kecap kira-kira 1/2 sendok makan dan saus sesuai selera. Kalau saus, biasanya aku pakai saus pedas manis, karena memang tidak begitu suka pedas. Terakhir, aku tambahkan potongan daun bawang sendiri biar lebih sedap.

Heemm, ngga sabar, ngga sabar ๐Ÿ˜€ Yuuk, kita eksekusi satu persatu 5 varian soto mie ini!

Varian 1, Indomie Soto Mie

image

Indomie Soto Mie ini bumbunya standar, tanpa tambahan bubuk koya seperti kebanyakan varian soto yang ada saat ini. Setelah dimasak dengan caraku, hasilnya mie ini rasanya seperti mie biasa, rasa sotonya tidak terlalu nendang di lidah. Rasanya biasa-biasa saja, tidak ada yang spesial. Ya iya lah, secara bumbunya juga standar sekali ๐Ÿ˜‰

Varian 2, Indomie Soto Spesial

image

Varian Indomie yang ini satu langkah lebih komplit daripada varian sebelumnya (Soto Mie). Kali ini ada tambahan irisan daun bawang kering pada bumbunya dan juga dilengkapi dengan bubuk koya gurih berwarna kekuningan.

Setelah dimasak dengan caraku, hasilnya ketika pertama nempel di lidah, rasanya yang menonjol adalah rasa jeruk nipisnya. Agak-agak kecut gimana gituu. Kuat banget jeruk nipisnya. Menurutku, rasanya malah jadi kurang pas, karena rasa soto ato gurihnya koya kalah dengan aroma jeruk nipisnya yang kuat banget.

Varian 3, Indomie Soto Lamongan

image

Ini adalah varian terbaru dari Indomie yang memang sedang gencar mempromosikan kuliner khas Indonesia melalui mie. Varian ini bisa jadi penyempurnaan dari dua varian soto sebelumnya. Selain dilengkapi dengan bubuk koya yang warnanya lebih gelap, varian ini juga dilengkapi dengan sayuran kering yang isinya irisan daun bawang kering dan daging kering, atau setelah dimasak jadinya lebih mirip tahu, dari segi teksturnya ๐Ÿ˜€ Itu sih, versi lidahku, ya ๐Ÿ˜€

Setelah dimasak dengan caraku, hasilnya,,heeemmm rasanya mantab. Serius, rasanya lebih pas, enak, dan gurihnya juga pas. Ada manis dan asinnya. Nyummy sekali. Adikku saja ketagihan ketika ikut menyicip mie buatanku ini. Sayuran keringnya meskipun tidak menambah banyak pada rasanya, tapi cukup memberikan nilai lebih untuk varian ini.

5 jempol untuk mie ini ๐Ÿ˜€ Jempol atunya pinjem adikku :p

Varian 4, Mie Sedaap Soto Kuah

image

Mie Sedaap Soto Kuah ini terkenal karena bubuk koya nya yang bikin mantap. Mie Sedaap juga berbeda dari varian lain, karena memiliki mie dengan tekstur yang kenyal, dan aku suka itu ๐Ÿ˜€

Setelah dimasak dengan caraku, hasilnya,,heemm, ngga salah dikasih merk Sedaap, karena asli sedap banget. Rasa sotonya dipadu dengan aroma jeruk nipis dari bubuk koya bikin Mie Sedaap Soto Kuah lebih sedap dan gurihnya juga kena di lidah.

Hanya saja, lagi-lagi aroma jeruk nipisnya mungkin terlalu dominan yaa, jadi sedap sih,  tapi rasa sotonya jadi agak kalah saing ๐Ÿ˜€ Ketika memasaknya dengan caraku, mungkin perlu diperhatikan juga pemakaian bubuk koyanya. Karena rasanya yang cukup kuat, pemakaian bubuk koya lebih baik agak dikurangi lagi ya, dari 3/4 bagian, menjadi 1/2 bagian saja. Biar lebih pas. Tidak keasinan ๐Ÿ˜€ Nanti malah bikin darting ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Varian 5, Sarimi Isi 2 Soto Koya Jeruk Nipis

image

Varian ini adalah satu-satunya varian soto dengan porsi besar. Ya iya lah, karena isinya 2 keping mie. Kalau perut sedang benar-benar lapar, cocok banget makan mie porsi ini.

Setelah dimasak dengan caraku, hasilnya,,tidak terlalu mengejutkan. Sesuai dengan namanya, aroma jeruk nipisnya langsung menyengat. Rasanya tidak jauh beda dengan Mie Sedaap Soto Kuah. Hanya saja, yang ini aroma jeruk nipisnya seger, tapi bisa menyatu dengan rasa sotonya. Jadi, kalau penggunaan bumbunya pas, rasanya cocok banget di lidah ๐Ÿ™‚

Nah, selesailah eksperimenku pada 5 varian soto mie ini. Cukup berat ๐Ÿ˜€ karena terpaksa harus melanggar pantangan tidak makan mie instan setiap hari. Tetapi, rasa penasaranku terhadap 5 varian soto mie yang ada di pasaran terbayarlah sudah. Ketika nanti bosan pada varian asli mie goreng, aku tetap punya pilihan rasa yang enak untuk dijadikan mie tanpa kuah. Atau malah bisa jadi rekomendasi bagi produsen mie instan untuk menciptakan varian baru, mie goreng rasa soto koya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Who knows yaa ๐Ÿ˜€

Dari ke-5 varian mie soto yang sudah aku eksekusi, favoritku dan recomended banget untuk dijadikan mie goreng adalah Indomie Soto Lamongan. Asli bikin nagih ๐Ÿ™‚ Alternatif berikutnya yang juga aku rekomendasikan adalah Mie Sedaap Soto Kuah dan Si porsi besar, Sarimi Isi 2 Soto Koya Jeruk Nipis. Layak banget untuk dicoba!

Okeh, da da bye bye mie instan. 5 varian mie soto yang sudah aku eksekusi membuat pencernaanku harus beristirahat dari mie instan untuk beberapa waktu. Sampai pengen makan mie instan lagi ๐Ÿ˜€

Semoga bermanfaat.

With love,
Bunda Aisykha

Thank You for coming. May Allah always giving you and your family all the best ๐Ÿ™‚

Iklan

12 pemikiran pada “Menikmati 5 Varian Soto Mie

  1. apa kabar dek?? sudah lama gak liat postingan kamu lah kq tak cek lagi tetiba aq unfol, pdhl gak ngerasa unfol :S
    ..Btw aq paling suka indomie laksa dan tomyam deh, gak ada ya dipostingan ini, tapi toko udah jualan varian yg ini kq..hehehe

  2. Ping-balik: Bakmi “Mewah” Rasa | Bunda Aisykha_Rasyid

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s