Belajarlah dan Bersabarlah

Dear Abi,

Aku pernah menulis ini, untukmu lelakiku.
image

Dan sekarang aku akan menulis lagi tentangmu. Tentang pengabdianmu. Yah, begitulah kataku untuk menyebut pekerjaanmu saat ini.

“Terbuang” jauh dari pusat kota dan pergolakan hawa panas yang menyelimutinya, ternyata tak seburuk bayanganku, bayangan kita. Dan tak sedikitpun membuatmu patah arang.

Di tempat baru, ternyata Allah telah menyiapkan ruang belajar baru untukmu. Di tempat yang sejuk dan berbukit itu, banyak hal baru yang dapat engkau petik, setiap waktu, sebanyak yang kau mau.

Percayalah, Allah menjagamu. Allah Maha Tahu. Setiap langkahmu, setiap hembusan nafasmu, dan setiap peluh yang engkau niatkan untuk keluargamu dan engkau ikhlaskan fii ridho lillahita’ala. Allah telah siapkan hadiah indah untukmu.

Tapi sebelum engkau mendapatkan itu, Allah meminta sejenak waktumu, untuk mengenali dirimu, juga tugas-tugasmu. Menyelami seluk-beluk dan segala problematika yang ada. Menunjukkan padamu, dunia nyata, bukan sekedar laporan tertulis yang tertumpuk di meja.

Ingatkah?
Aku juga pernah menulis ini:
Meski terbuang dalam lumpur ataupun comberan, intan tetaplah intan. Akan banyak yang datang untuk menambang.

Aku benar, bukan?
Kini, Engkau makin punya banyak kawan. Makin sering dimintai pertimbangan. Makin dihargai. Makin bermanfaat ilmumu. Makin bertambah pengalamanmu. Makin banyak kesempatan untuk mengembangkan isi kepalamu yang menakjubkan itu. Bahkan mengisinya juga dengan berbagai ilmu baru.

Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallahu Allahu Akbar. Laa hawla walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.

Percayalah, Allah hanya ingin bilang padamu, pada kita:
“Bersabarlah dan belajarlah”.

Jadi, ketika Allah telah selesai membekalimu, atau menilaimu telah siap mengemban tugas yang sedang dipersiapkan untukmu, Allah pasti akan memberikan yang terbaik untukmu, untuk duniamu, juga akhiratmu. Di tempat yang lebih sesuai untukmu, dengan cara yang baik, dan di waktu yang tepat pula.

Semua pasti indah pada waktunya. Dan pasti juga ada hikmah di balik ini semua. Bersabar dan belajarlah untuk mengambil hikmah dari setiap peristiwa. Bersabar dan belajarlah untuk selalu bersyukur atas semua yang Allah berikan untukmu, untuk kita.

Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.” (Q.S. Ibrahim: 7)

Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallahu Allahu Akbar. Laa hawla walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.

Selamat hari lahir, Abi. Semoga Allah selalu menjagamu. Melindungimu dan memberimu kesehatan. Semoga Allah selalu meridhoi semua ikhtiarmu. Memudahkan urusan-urusanmu. Dan mengabulkan doa-doamu. Amin.

With Love,
Aisyah & Bunda

Thank You for reading. May Allah always giving you and your family all the best 🙂

Iklan

5 pemikiran pada “Belajarlah dan Bersabarlah

  1. Ping-balik: Hari ini, – Tita Kurniawan

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s