Instamag dan FotoRus, Dua Bersaudara Saling Melengkapi

Dear All,

Dua foto editor yang akan aku ceritakan kali ini mungkin sudah sangat akrab bagi para pecinta mobile fotografi. Tetapi, bagiku, dua foto editor ini adalah ‘mainan’ baru. “Halloo,,kelamaan berhibernasi dimane, Neng?” πŸ˜€

Yaa,, yaa,, yaa,, biarlah. Tetap saja akan aku bahas sesuai pengalamanku ketika melakukan edit foto dengan dua editor ini.

Berawal dari kebosananku dengan beberapa editor foto yang setia menemaniku selama ini, yang juga sudah pernah aku bahas di sini, 5 Alikasi Editor Foto Favorit di Android.

Akupun mulai mencari editor foto baru dengan tema dan gaya baru tentunya. Setelah berselancar lama di Play Store, akupun memutuskan untuk memilih Instamag dari Fotoable,Inc.
image

Setelah download, akupun mulai mempelajari cara kerjanya. Mulai mendownload puluhan tipe dan gaya frame nya yang memang sempat membuatku gelap mata. Terlebih lagi karena semuanya gratis dan bisa digunakan ketika online maupun offline.

Instamag ini memiliki banyak sekali pilihan frame. Mulai dari puluhan frame model Magazine atau model halaman sampul majalah, Manga atau model komik, 3D style, dan beberapa frame Photo in Photo a.k.a PIP Style yang unik dan sangat menarik. Semuanya dapat didownload dengan mudah melalui Library. Dijamin mupeng mau pilih yang mana, saking banyaknya dan bagus-bagus semua. Kalau pakai unlimited service atau wifi gratis, saranku siih download semua aja πŸ˜€
image

Selain frame yang cantik dengan berbagai tema, Instamag ini juga dilengkapi dengan pilihan efek filter untuk mempercantik hasil foto. Pada beberapa frame, teks dalam frame juga dapat diganti sesuai dengan keinginan kita. Untuk Manga Style, kita juga dapat membuat foto menjadi model komik dengan menambahkan teks, stiker, efek filter, dan tones ala buku-buku komik. Melalui Instamag ini, kita juga bisa melakukan college hingga 9 foto. Hanya saja sudah tersedia dalam bentuk frame dengan beberapa pilihan model frame.

image

image
Hasil foto dengan Instamag

Masih belum puas?
Jangan khawatir, karena masih ada satu lagi, yang juga include dalam Instamag ini, yaitu FotoRus.

image

FotoRus sebenarnya adalah jenis editor foto yang harus kita download secara terpisah. Mungkin karena masih satu pabrikan dengan Instamag, dan mungkin dimaksudkan juga agar mendapat downloader yang terpisah pula, FotoRus ini dimasukkan dalam Instamag. Tetapi ketika ingin menggunakannya, kita harus mendowloadnya terlebih dahulu di Play Store. Sama seperti halnya Insta Beauty. Tapi, Insta Beauty tidak jadi aku download karena merasa belum begitu perlu menggunakannya.

FotoRus tidak jauh berbeda dari Instamag. Atau bisa dibilang FotoRus adalah pelengkap bagi Instamag. Jika dalam Instamag lebih mengutamakan kemudahan melakukan edit foto dengan instan frame dalam ratusan bentuk frame, pada FotoRus lebih mengedepankan edit foto personal dengan berbagai pilihan cara untuk melakukan edit foto. Jika digabungkan, Instamag dan FotoRus, hasil fotonya akan semakin cantik.

Dalam FotoRus tersedia Pro Edit, yang dapat digunakan untuk mengedit detail foto. Seperti menambahkan teks dengan berbagai bentuk abjad, warna, shading, dan style penulisan. Selain itu juga tersedia pilihan Scene untuk mengatur pencahayaan foto dengan banyak pilihan. Ada juga pilihan untuk menambahkan Light untuk berbagai efek bokeh, space, atau kembang api. Selebihnya adalah efek-efek standar seperti border, crop, atau rotasi seperti foto editor pada umumnya.

image
Edit foto dengan FotoRus

Dalam FotoRus ada juga fungsi khusus College style untuk mengedit foto hingga 9 foto maksimal. Melalui College milik FotoRus ini ada empat pilihan cara, yaitu Grid, frame Instamag, Free, dan Strips. Lengkap dengan berbagai pilihan bentuk, gaya, dan juga backgroundnya. Inilah yang tidak dimiliki Instamag.

image
College dengan FotoRus

Jika masih belum puas, satu lagi pilihan menarik yang ditawarkan FotoRus ini adalah PIP style. PIP atau Photo in Photo ini adalah editor foto yang memberi efek seolah-olah foto kita berada di dalam satu obyek tertentu. Pada Instamag, PIP ini juga dihadirkan, hanya saja sudah jadi dalam bentuk frame. Hanya tersedia dalam beberapa frame dan tidak dapat diedit sendiri pilihan obyek yang akan kita gunakan.

image
Bermain dengan PIP di FotoRus

Sedangkan, dalam FotoRus, pilihan obyek yang bisa digunakan untuk mempercantik foto tersedia dalam berbagai bentuk, seperti bentuk premium, botol, foto, simpel, ilustrasi, dan lainnya. Kita juga bisa menambahkan berbagi efek filter untuk foreground maupun background fotonya. Selain itu, kita juga dapat mengganti foto depan atau foreground dan foto belakangnya atau background. Sehingga ada dua foto yang tampak berbeda dalam satu frame. Cantik sekali.

image
Hasil foto dengan FotoRus

Ketika aku memasang hasil editan foto Aisyah dengan model PIP ini di sosial media, beberapa teman pun langsung bertanya foto editor apa yang aku gunakan. Bahkan ada beberapa teman yang minta dieditkan juga fotonya. Aku pikir aku paling kudet, ternyata ngga kudet-kudet banget kok, masih ada temannya πŸ˜€

Nah, itulah tadi pembahasanku mengenai dua editor foto yang begitu ‘menggoda’ku. Oh iya, ada yang lupa. Catatan untuk dua editor foto ini adalah tentang folder penyimpanannya yang harus dibuat secara manual.

Jadi, sebaiknya setelah menginstal dua editor foto ini, langsung saja mengubah setting penyimpanan agar foto-foto yang selesai diedit dapat disimpan di folder khusus Instamag atau FotoRus. Kalau tidak kita ubah dari awal, foto-foto yang selesai kita edit akan otomatis tersimpan bersama hasil jepretan kamera kita, alias di folder ‘camera’.

Untuk membuat folder penyimpanan sendiri caranya gampang sekali. Pilih ‘Setting’ (3 garis di pojok kanan atas) kemudian pilih tulisan ‘change save path’. Yang semula defaultnya adalah DCIM/camera, langsung diganti sendiri saja sesuai keinginan kita. Kalau aku, untuk memudahkan aku ganti aja dengan nama folder ‘Instamag’ untuk dua-duanya, Instamag maupun FotoRus.

image
Mengubah folder penyimpanan Instamag dan FotoRus

Selamat bersenang-senang dengan Instamag dan FotoRus, ya πŸ˜€ Semoga bermanfaat.

With Love,
Bunda Aisykha

Thank You for reading. May Allah always giving you and your family all the best πŸ™‚

Iklan

3 pemikiran pada “Instamag dan FotoRus, Dua Bersaudara Saling Melengkapi

  1. Ping-balik: 5 Aplikasi Editor Foto Menarik di Android | Tita Kurniawan

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s