4 Ikan Bergizi Tinggi untuk Anak

Dear all,

Sejak si bubur organik “dibekukan” izin edarnya, aku harus pandai-pandai menyiasati MPAsi untuk anak lelakiku, Luthfi. Luthfi sudah cocok dengan bubur tersebut. Ketika si bubur dinyatakan tidak aman, aku harus rela bangun lebih awal untuk menentukan menu untuk anak lelakiku, yang sekarang sudah masuk 9 bulan.

Luthfi mudah bosan, jadi aku harus mengutak-atik bahan yang aku punya di rumah agar menjadi menu yang berbeda setiap harinya. Aku pun jadi rajin mencari informasi dari berbagai media untuk memenuhi kebutuhan gizi Luthfi. Berbagai sayuran, daging, dan juga ikan, aku pelajari.

Aku lebih tertarik memberikan Luthfi sayuran dan ikan ketimbang daging. Entah kenapa, tapi menurutku ikan justru lebih variatif kandungan gizinya. Aku pun mencoba merangkum, setidaknya ada 4 ikan bergizi tinggi untuk anak. Ikan-ikan ini bisa menjadi alternatif bahan MPAsi selain daging, tentunya. Apa saja jenis ikannya? Aku mulai satu-satu, ya 😊

1. Salmon

Aku bilang, ikan ini adalah rajanya ikan *lebay*. πŸ˜€ Tapi iya! Kenapa aku bilang begitu? Karena ikan salmon ini kandungan gizinya tinggi, terutama salmon memiliki kandungan Omega 3 yang bisa dibilang tertinggi di antara ikan-ikan lainnya. Selain itu, salmon juga mengandung asam amino esensial, protein, vit A, B, dan D yang cukup tinggi.

Ikan salmon ini terbilang cukup fantastis harganya. Di kotaku, ikan ini hanya bisa aku temukan di swalayan terbesar di kotaku. Harga perkilo nya bisa mencapai ratusan ribu rupiah πŸ˜€

Di swalayan di kotaku, ikan ini dijual sudah dalam bentuk fillet yang dikemas kurang lebih 100-200 gram per kemasan. Kalau sedang beruntung, aku juga bisa melihat proses mem-fillet-nya πŸ˜€ Ada label tanggal pemotongannya juga setelah dikemas. Jadi, aku lebih mudah untuk mengetahui fresh dan tidaknya.

Aku pernah bertanya kenapa salmon begitu mahal? Kata chef nya, salmon yang dijual adalah salmon liar dari perairan dalam, bukan ternak. Jadi, di datangkan dari luar negeri, begitulah kira-kira 😊 Namun, harganya yang lumayan aku rasa masih sebanding dengan kandungan gizi yang dimiliki ikan ini.

Berdasarkan kandungan gizinya, ikan ini dapat dikatakan bergizi tinggi, karena dapat bermanfaat antara lain sebagai,

  • Nutrisi perkembangan otak anak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak.
  • Sumber energi, memperbaiki sistem metabolisme tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.
  • Antioksidan sekaligus menjaga kesehatan mata anak
  • Sumber kalsium, untuk kesehatan tulang dan gigi anak.

 

2. Tuna

Ikan tuna adalah salah satu ikan laut yang tidak kalah kandungan gizinya daripada ikan salmon. Bedanya, ikan tuna lebih mudah diperoleh daripada ikan salmon. Ikan tuna memiliki kandungan Omega 3, kaya protein, juga vitamin B dan D. Ikan tuna ini juga bergizi tinggi untuk anak, karena

  • Dapat meningkatkan kerja dan fungsi otak anak sekaligus meningkatkan kecerdasan anak.
  • Memperkuat kekebalan tubuh anak
  • Sebagai sumber energi dan membatu pembentukan massa otot anak yang sedang dalam masa pertumbuhan
  • Mengurangi resiko alergi pada anak.

3. Gabus

Ikan gabus, kutuk, atau haruan ini adalah ikan air tawar yang akhir-akhir ini mulai susah diperoleh. Harganya dari hari ke hari semakin menanjak. Ikan gabus ini aku katakan bergizi tinggi, karena kandungan uniknya, yaitu protein yang bernama Albumin.

Albumin adalah salah satu bagian dari protein plasma darah yang memiliki banyak peran. Albumin bahkan menempati bagian terpenting dalam struktur plasma darah. Bergantung pada manfaat dan kadar albumin yang terkandung di dalam darah. (deherba[dot]com)

Kekurangan protein albumin dalam tubuh anak dapat menyebabkan nutrisi tidak dapat diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jadi, meskipun anak sudah banyak makan, makan yang bergizi pula, tetapi tubuhnya tidak kunjung berisi atau gemuk. Pertumbuhan dan perkembangan otak anak bisa juga terganggu. Karena itu, kadar albumin dalam tubuh anak harus tercukupi.

Selain kaya akan albuminnya, ikan gabus ini juga tinggi protein. Ikannya lembut dan mudah dicerna. Jadi, bisa aku bilang, ikan gabus ini juga dapat menjadi suplemen penambah berat badan anak πŸ˜€ Tapi, usahakan jangan digoreng, ya πŸ˜‰

4.Teri Nasi

Tidak semua ikan bergizi tinggi harganya fantastis, ya. Ikan teri ini salah satunya. Ikan laut bertubuh mungil ini ternyata kandungan gizinya tak semungil ukurannya.

Perihal ikan teri bergizi tinggi justru aku ketahui dari DSA nya Aisyah. Teri mengandung Omega 3 seperti ikan salmon dan tuna. Teri kaya protein dan zat besi. Selain itu, sebagai ikan laut, teri ini juga kaya akan kalsium, lho.

Jadi, teri nasi ini termasuk bergizi tinggi karena dapat:

  • Meningkatkan fungsi dan kerja otak
  • Memperbaiki daya tahan tubuh anak dan sekaligus sebagai nutrisi selama masa pertumbuhan anak.
  • Kaya kalsium untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi anak.
  • Sumber energi untuk anak dan membantu proses metabolisme tubuh anak.

Jika tidak menemukan ikan salmon atau tuna, jangan khawatir. Karena ikan teri juga memiliki kandungan gizi yang hampir setara. Terlebih lagi, karena ikan teri dikonsumsi seluruh bagiannya. Tapi, usahakan membeli ikan teri yang masih segar, ya 😊 Bukan ikan teri yang sudah diawetkan atau diasinkan πŸ˜‰

Nah, itulah 4 ikan bergizi tinggi untuk anak berdasar pengalamanku. Tentu masih ada banyak lagi jenis ikan yang tidak kalah kandungan gizinya. Tetapi bagiku, 4 jenis ikan ini adalah ikan-ikan primadona. πŸ˜€

Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, usahakan ikan-ikannya jangan digoreng, ya πŸ˜‰ Bisa dibuat sup, dikukus, atau dipepes saja. Agar kandungan gizinya tetap terjaga.

Semoga bermanfaat.

With love,

Tita

 
*Dirangkum dari berbagai sumber.

Iklan

16 pemikiran pada “4 Ikan Bergizi Tinggi untuk Anak

  1. hihi ikannya aku suka semua mbaak~ terutama tuna dan teri nasi huahahaha tapi teri nasi juga harganya agak fantastis kadang-kadang *menggerutu_di_pojokan_sambil_ngemil_teri*

    cuma dulu sempet parno makan ikan gara-gara cerita cemaran limbah di laut akhirnya terserap oleh ikan sampai akhirnya banyak yang keracunan logam gara-gara makan ikan. duh mudah-mudahan sih ga kejadian disini makanya saya ngimbangin makan ikan dan makan sayur-sayuran penangkal radikal bebas.

    1. He he iya mba, teri kalo pas lg ngga musim harganya lumayan juga πŸ˜€
      Kadang ada jg ikan yg kyk gt sih mba, tp aku baca juga kalo salmon atau teri suka hidupnya di perairan laut dalam gt,,jd kurang lebih masi aman lah πŸ˜€ semoga bgitu yaa 😊

  2. Saya kalau masak salmon juga karena adek sepupu kerja di cafe. Jadi bagian salmon yg nggak digunakan untuk steak, boleh di bawa pulang sama crew-nya πŸ˜€ Kalau teri nasi, dulu saya sempet heran juga pas nonton demo masaknya bu siska ttg menu bekal anak. Kok nasgor teri nasi. Ternyata emang bagus ya untuk kecerdasan anak.

  3. Makasih sharingnya mba… duh sejak udah balita jarang banget ngasih ikan2 itu mba, anaknya mulai picky…tapi teri nasi mau coba, kayanya nggak anak aja yang bakal ketagihan, ibunya juga klo teri nasi sihh… sambel mana sambel hehe

  4. Ping-balik: 5 Sebab Anak Susah Gemuk – Tita Kurniawan

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s