Museum Purbakala Situs Patiayam Kudus

Dear all,

Kali ini waktunya aku cerita untuk #1bulan1museum lagi.

Baca juga : Museum Kereta Api Ambarawa

Museum yang aku kunjungi bulan ini adalah Museum Purbakala Situs Patiayam Kudus. Museum ini berada di Jalan Raya Kudus-Pati, tepatnya di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

 

Seperti namanya, museum ini menyimpan berbagai peninggalan purbakala yang ditemukan di sekitar pegungungan Patiayam. Museum ini berada tidak jauh dari lokasi situs Patiayam dimana fosil-fosil purbakala ditemukan untuk pertama kalinya. Peninggalan purbakala yang menjadi primadona di museum ini adalah fosil gajah purba atau Stegodon Trigonocephalus.

Fosil gajah purba yang menjadi primadona di Museum Purbakala Situs Patiayam Kudus

 

Beberapa fosil Stegodon atau gajah purba

 

Begitu masuk bangunan museum yang tampak megah tersebut, kita akan langsung disuguhi fosil-fosil dari bagian tubuh si gajah purba tersebut. Menempati etalase utama di lantai satu, yaitu empat buah gading dengan panjang sekitar 2-3 meter, dua buah tulang paha, tulang rahang, dan tulang pinggul.

Tentang gajah purba atau Stegodon Trigonocephalus

 

Stegodon adalah nama ilmiah dari ancient elephant atau gajah purba dari famili Stegodontidae yang kini telah punah. Stegodon Trigonocephalus sendiri diperkirakan hidup pada masa Pliosen dan Plestosen sekitar satu hingga satu setengah juta tahun yang lalu. Stegodon ini ukurannya relatif besar, bisa mencapai 3 meter dan memiliki gading yang melengkung. Di museum ini juga terdapat replika perkiraan rekonstruksi si gajah purba tersebut. Jadi, kita bisa membayangkan “how big” this elephant was? 😊

Replika Gajah Purba atau Stegodon Trigonocephalus

 

Selain fosil Stegodon, si gajah purba, di Museum Purbakala Situs Patiayam Kudus ini juga disuguhkan berbagai fosil fauna lain dan alat-alat batu yang juga ditemukan di situs Patiayam. Kurang lebih ada temuan fosil dari 16 spesies fauna dan beberapa alat batu di museum ini.

Beberapa fosil kerang laut yang ditemukan di sekitar situs Patiayam

 

Fosil banteng dan patahan gigi dari hiu sapi dan hiu makarel

 

Selain fosil fauna, juga ditemukan alat-alat batu sederhana di sekitar situs Patiayam

Di dinding ruang pamer museum ini juga diisi dengan berbagai penjelasan mengenai sejarah situs Patiayam dan penemuan-penemuan berharganya. Dengan adanya penjelasan tersebut, pengetahuan kita mengenai kehidupan zaman purbakala di situs Patiayam menjadi lebih lengkap.

Sejarah Situs Patiayam

 

Sejarah situs Patiayam

 

Geo-paleontologi situs Patiayam

 

Rekaman jejak pada masa Plestosen di Jawa

Bangunan museum dua lantai ini memang baru sekitar dua tahun ini ditempati. Maklum saja bila secara keseluruhan belum tertata dengan maksimal. Seperti, sistem komputerisasi yang dapat membantu pengunjung, ketika coba aku gunakan ternyata sedang tidak berfungsi dengan baik.

Sedang tidak berfungsi dengan baik

Halaman depan museum yang cukup luas, masih kosong-kosong saja. Papan nama museum di gerbang depan pun tulisannya masih samar terbaca. Kurang besar dan kurang kontras warnanya, menurutku. Menunggu untuk lebih dimaksimalkan.

Papan nama yang masih samar terlihat

Masih banyak yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan keberadaan Museum Purbakala Situs Patiayam Kudus tersebut. Dengan adanya bangunan museum tersebut, setidaknya sudah ada niat dan perhatian pemerintah untuk memajukan sektor pariwisata di sekitar situs Patiayam. Agar ke depan, museum ini dapat menjadi destinasi wisata sejarah sekaligus edukasi yang mampu menjadi daya tarik atau bahkan menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Kudus.

Semoga bermanfaat.

With love,

Tita

Tulisan ini dalam rangka menantang diri sendiri untuk 2017’s project : 1 bulan 1 museum

Iklan

2 pemikiran pada “Museum Purbakala Situs Patiayam Kudus

  1. trie

    Kadang kalo lagi mudik ke kudus,pengen ngajak anak anak keliling sekitar kudus mbak tita. Namun,kadang kita nya yang malah tepar kecapean.kayaknya harus dibuat scedule ama niatnya yg harus di kuatkan ya.
    Ok,mbak tita info bagus buat kita.terimakasih.

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s