6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Pasir Kinetik

Dear All,

Pernah dengar tentang pasir kinetik atau pasir ajaib?

Iyaa, mainan edukatif berupa pasir lembut ini makin lama memang makin hits. Sebenarnya aku sudah lama dengar tentang pasir ajaib ini. Di kota-kota besar, pasir ajaib ini laku keras. Toko online juga sudah banyak yang menjualnya. Tapi, baru kemaren lah aku bisa melihat dan memegangnya langsung.

Kami bertemu dengan booth pasir kinetik di mall, ketika kami sekeluarga sedang berakhir pekan. Booth pasir kinetik ini cukup ramai dan banyak diminati oleh anak-anak, juga orang dewasa. Maklum saja, di kota kecil seperti kotaku ini, setiap ada hal baru pasti langsung banyak peminat. Aisyah pun langsung tertarik untuk bermain. Cukup 25.000 saja tiap kepala dan bebas memilih satu meja untuk bermain sepuasnya.

Aku membiarkan Aisyah berkreasi di situ. Aku sendiri juga penasaran dengan pasir kinetik tersebut. Ini pasir strukturnya unik sekali. Selain itu, juga full colour, membuat anak semakin tertarik untuk bermain.  Nah, berdasarkan pengalamanku kemarin, buat yang penasaran juga, aku akan tulis, 6 hal yang perlu diketahui tentang pasir kinetik atau pasir ajaib πŸ˜‰

Tapi, sebelumnya, perlu aku jelaskan terlebih dahulu tentang pasir kinetik yang aku maksud. Apa itu pasir kinetik?

Pasir kinetik aku bedakan jadi 2 jenis, ya πŸ˜€ Pasir kinetik pabrikan dan pasir kinetik buatan sendiri.

Pasir kinetik atau pasir ajaib pabrikan yang aku maksud adalah pasir kinetik buatan pabrik. Biasanya diimpor dari luar negeri. Pasir kinetik ini berbahan dasar pasir biasa dengan bahan tambahan berupa non-toxicsynthetic polymer atau polimer sintetik buatan.

Sedangkan pasir kinetik buatan sendiri adalah pasir kinetik yang dibuat sendiri secara manual. Sudah banyak juga DIY nya di channel YouTube. Biasanya bisa dibuat dari pasir biasa yang sudah dibersihkan dan diberi bahan tambahan sendiri berupa tepung kanji. Atau bisa juga dibuat dari tepung yang diberi tambahan baby oil, air, atau minyak sayur. Agar lebih colourfull bisa ditambahkan pewarna yang aman untuk anak.

Kalau aku ditanya pilih pasir kinetik yang mana? Aku suka yang praktis jadi pilih pasir kinetik pabrikan saja yang sudah jadi. Selain itu, pasir kinetik pabrikan juga lebih terjamin keamanannya untuk anak, menurutku 😁 Karena beberapa merk dagang pasir kinetik yang beredar di pasaran, sudah lulus uji keamanaan dan standarisasi mainan anak.

Selanjutnya, yang aku bahas di sini adalah 6 hal yang perlu diketahui tentang pasir kinetik atau pasir ajaib pabrikan, ya πŸ˜‰

Pertama,
Pasir kinetik amankah?

Pasir kinetik atau pasir ajaib dibuat sedemikian rupa hingga menghasilkan pasir kinetik yang higienis. Ada jaminan non-toxic dan antibakterial dalam setiap kemasannya. Selain itu, mainan pasir yang rata-rata masih didatangkan dari luar negeri atau impor ini, sudah lulus standarisasi mainan anak. Lebih bersih dan tidak beraroma. Jadi, lebih aman dimainkan oleh anak-anak. Tetapi, tetap harus dalam pengawasan orang tua agar tidak disalahgunakan.

 

Pasir kinetik bersih dan ada jaminan non-toxic serta antibakterial

 

 

Kedua,
Pasir kinetik seperti pasir biasa kah?

Struktur pasir kinetik ini lembut, ya. Lebih halus dari pasir biasa. Menempel dan lekat satu sama lain. Tetapi, tidak menempel di tangan. Tidak menempel juga di alat bermain atau cetakan seperti pasir pada umumnya. Pasir kinetik atau pasir ajaib ini mudah dibersihkan karena menyatu satu sama lain.

Pasir kinetik sangat disarankan untuk penggunaan indoor atau di dalam ruangan saja. Meskipun demikian, sebaiknya pasir kinetik ini tidak dituang begitu saja di lantai ketika bermain. Karena sesuai sifat asal pasir yang licin di lantai, pasir kinetik ini juga demikian. Selain itu juga, agar pasir kinetik tetap terjaga kebersihannya.

 

Pasir kinetik lembut, halus, dan lekat satu sama lain, tetapi tidak menempel di tangan atau alat bermain

 

Ketiga,
Adakah aturan khusus ketika bermain pasir kinetik?

Sebelum bermain, Aisyah dipakaikan cairan pembersih tangan oleh penjaga booth tersebut. Aku pun segera bertanya, kenapa begitu? Berikut ini coba aku jelaskan.

Biasakan anak untuk membersihkan tangan dengan cairan pembersih tangan sebelum dan sesudah bermain dengan pasir kinetik. Meskipun sudah diklaim aman, tetapi tetap jaga kebersihan dan kesehatan anak dengan rajin membersihkan tangan.

Sebelum bermain dengan pasir kinetik pabrikan, anak juga boleh-boleh saja mencuci tangan dengan air bersih. Tetapi, sebelum memegang pasir sebaiknya tangan anak dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering, barulah anak dapat bebas bermain dengan pasir kinetik.

 

Pastikan tangan sudah kering saat memegang pasir kinetik, ya 😊

 

Keempat,
Bagaimana cara penggunaan pasir kinetik?

Pasir kinetik atau pasir ajaib ini sudah dibuat sedemikian rupa sehingga higienis dan antibakterial. Tetapi, dalam penggunaannya bisa jadi akan terkontaminasi kotoran atau bakteri sehingga jadi tidak higienis. Dan salah satu penyebabnya adalah air.

Hindarkan pasir kinetik dari air agar pasir tetap kering dan tidak lembab sekali. Karena kelembaban yang tinggi pada pasir kinetik dapat memicu munculnya bakteri. Selain itu, air juga dapat merusak struktur pasir itu sendiri. Jika terkena air, segeralah jemur pasir di bawah sinar matahari agar lebih cepat kering.

Oleh sebab itu, ketika anak mencuci tangan dengan air, usahakan agar tangan dikeringkan terlebih dahulu sebelum menyentuh pasir kinetik. Agar pasir kinetik lebih tahan lama dan tidak mudah terkontaminasi. Selain itu, simpan pasir kinetik di wadah tertutup, agar tetap kering dan juga tidak lekas berdebu. Jadi, tetap aman untuk anak.

 

Hindarkan dari air agar struktur pasir kinetik tetap terjaga

 

Kelima,
Pasir kinetik sebaiknya dimainkan oleh anak usia berapa?

Pasir kinetik atau pasir ajaib ini disarankan untuk dimainkan oleh anak dengan usia 3+ atau di atas usia tiga tahun. Hal tersebut untuk mengurangi resiko pasir tertelan oleh anak. Juga menghindarkan agar anak tidak memasukkan pasir ke mata sendiri ataupun dilempar ke teman yang lain.

Anak usia tiga tahun ke atas dianggap sudah memiliki ketrampilan berfikir yang lebih baik. Sudah mampu melakukan beberapa hal sendiri atau mandiri. Sudah mulai bisa menerima dan memahami penjelasan orang tua. Sudah mulai suka bermain dan berteman meski kadang masih kurang senang berbagi satu sama lain.

 

Pasir Kinetik disarankan untuk anak usia tiga tahun ke atas

 

Keenam,
Apa manfaat pasir kinetik?

Bermain dengan pasir kinetik dapat membantu mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas anak. Termasuk dapat mengembangkan kemampuan berfikir atau kognitif anak. Pasir kinetik atau pasir ajaib yang gampang dibentuk juga dapat memudahkan anak dalam berkreasi. Anak bebas membuat apa saja dari pasir kinetik sesuai dengan keinginannya. Anak bisa lebih aktif dan kreatif.

Warna-warni pasir kinetik juga menjadi daya tarik tersendiri untuk anak. Jika dimainkan bersama teman, bermain pasir kinetik dapat membantu anak belajar bersosialisasi dan berbagi. Pasir kinetik juga dapat dimainkan bersama orang tua, agar hubungan emosional antara orang tua dan anak menjadi lebih baik. Pasir kinetik dapat menjadi mainan alternatif yang disukai oleh anak, selain gadget tentunya πŸ˜‰

 

Orang tua dan anak dapat bermain dan bekerja sama dengan pasir kinetik

 

Nah, itulah 6 hal yang perlu diketahui tentang pasir kinetik atau pasir ajaib yang dapat aku bagikan. Pasir kinetik adalah salah satu jenis mainan anak edukatif dan modern yang makin lama makin ngehits. Selain karena mempunyai banyak kelebihan, pasir kinetik juga sekarang sudah mudah dijumpai. Tertarik untuk bermain juga? 😁 Yuuuk,, 😊

Semoga bermanfaat, ya πŸ˜‰

With love,

Tita

Iklan

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s