My Name is,,

Dear All,

 

 

Ketika tahu tema #1minggu1cerita minggu ini adalah “arti sebuah nama”, aku pun kemudian berfikir arti nama siapa yang akan aku tulis. Namaku? Atau nama kedua buah hatiku? Sampai kemudian, aku membaca beberapa posting teman yang sudah setor. Aku pun speechless.

Inginku tak perlu setor Minggu ini, karena sesungguhnya aku sangat terpukul :”( #jujur :”( membaca tulisan member yang sudah setor tema Minggu ini. Begitu dalamnya tulisan mereka dan begitu dalamnya arti sebuah nama bagi mereka. Membuatku makin bingung mau menulis apa?

Sebenarnya, aku termasuk orang yang setuju bahwa nama yang melekat pada diri setiap manusia yang lahir ke dunia, punya makna yang mendalam. Bahkan ketika aku memberi nama kedua buah hatiku pun, aku selipkan doa pada setiap kata yang aku pilih untuk nama mereka. Dengan harapan yang besar, bahwa mereka akan seiring sesuai dengan nama yang tersemat pada mereka berdua.

Bercerita tentang arti nama yang aku berikan untuk kedua buah hatiku, sudah pernah aku tulis beberapa waktu lalu. Lalu aku berfikir, kenapa aku tak menulis saja tentang namaku. Sekalian aku beritahu cerita tentang namaku.

 

Let me tell you about me πŸ˜€

Let me introduce my self, yes πŸ˜‰

 

 

 

Hai,

My real name is,,

Virta

 

 

Virta adalah nama pemberian orang tuaku. Dan tahukah kalian? Virta adalah kependekan dari zodiak kedua orang tuaku. Papaku zodiaknya Vir-go, sedangkan Mamaku zodiaknya adalah Ta-urus. Kemudian digabunglah suku kata awal dari kedua zodiak tersebut. Dan jadilah, Vir_Ta. Namaku sejak lahir. Nama resmi dan nama dalam semua catatan pendidikan, juga catatan sipil dan kependudukanku.

Tidak ada arti khusus dari namaku. Bahkan ketika kemudian aku membaca tulisan member lain bahwa nama, bagi mereka punya makna yang mendalam. Aku pun bimbang. Aku tak tahu. Aku hanya yakin doa untukku, selalu ada di setiap hembus nafas dan sujud-sujud kedua orang tuaku, juga suamiku.

Menurutku, aku, Virta adalah mereka berdua. Aku adalah penyatuan kedua orang tuaku. Jika mengambil dari zodiak keduanya, aku, Vir_Ta adalah gabungan dari sifat-sifat keduanya. Gabungan dari keberuntungan keduanya. Dan yang jelas, Vir_Ta adalah simbol penyatuan cinta mereka berdua πŸ˜€ Ciiieee,, so sweet 😍😍

Dalam perjalanan hidupku, aku pun bingung. Bagi sebagian orang, menyebut nama Virta ternyata bukanlah suatu hal yang mudah. Entah kenapa? Karena seringkali, seringkali yaa, ketika aku ditanya siapa namaku, kemudian aku menyebutkannya, mereka akan mendengarnya dengan berbagai versi. Virta, bisa mereka dengar menjadi Tita, Pitra, Fitra, Fita, Vita, Irta, bahkan Mita ketika aku menyebut namaku lewat telepon.

Dan aku pernah sangat kesal dengan seorang teman di SMA dulu, yang membolak-balik namaku sesuka hatinya. Jadi, Virta dia balik menjadi ta-vir kemudian diplesetkan menjadi “tapir”. Merujuk ke salah satu nama hewan yang dilindungi dan hampir punah. Aku jengkel betul, apalagi ketika aku tahu hewan itu seperti apa penampakannya. Aku juga masih ingat betul siapa orangnya, bahkan sampai aku menulis ini, aku pun masih bisa mengingat temanku itu memanggilku begitu.

Sekarang, di hampir semua media sosialku, aku lebih senang memakai nama Tita, agar lebih mudah didengar, ditulis, dan diingat. Tak salah sebut atau salah tulis lagi. Hanya dipendekkan saja, dari Virta yang biasa dipanggil Ta, jadi Tita. Kemudian aku menambahkan nama belakang suamiku, Kurniawan. Hanya menambahkan ya, bukan menisbatkan nama suamiku untuk diriku. Jadilah, nama penaku yang sekarang, Tita Kurniawan. Bukan mengganti nama, ya. Agar lebih mudah saja.

Jujur, aku sebenarnya lebih suka dipanggil dengan nama kesayanganku. Nama kecilku, yang juga digunakan kedua orang tuaku, keluargaku, saudara-saudara dekatku, dan teman kecilku memanggilku sampai sekarang. Bukan Virta. Tapi, mereka memanggilku dengan sebutan Nonon atau dipendekkan Non saja. Jangan tanya apa artinya, karena orang tuaku juga kurang tau apa artinya. Mereka hanya memanggilku begitu. Nama kecilku, nama kesayanganku. Aku pun merasa begitu nyaman dengan panggilan itu. Entah kenapa? 😁

Tapi, bukan tanpa cela juga. Karena ketika aku berkenalan dengan nama Nonon, ada juga yang iseng. Menambahkan huruf “g” diakhir kata. Keluarlah kata “nonong”. Jadilah bahan olokan lagi. Jengkel juga sebenarnya. Untung aslinya aku memang tidak nonong alias jenong.

Jadi, kalau aku ditanya,apa arti sebuah nama bagiku, bagiku yaa πŸ˜€ nama adalah bagaimana orang mengenalku. Bagaimana orang tahu tentang aku, juga tentang kehidupanku. Dan aku bahkan bisa mengklasifikasikan kedekatan orang denganku melalui panggilan mereka padaku. 😁 Seperti pengamanan kedatangan orang penting atau pejabat negara πŸ˜€ Orang-orang yang ada dalam kehidupanku juga bisa aku bagi ke dalam ring 1, ring 2, dan ring 3, berdasar cara mereka memanggilku πŸ˜€

Aneh, ya πŸ˜‰ Ya, biarlah. Biar antimainstream. Karena ceritaku memang beda dengan yang lain tentang “arti sebuah nama”.

 

So, My name is,, 😁

 

Semoga bermanfaat, ya πŸ˜‰

 

 

With love,

Tita

Untuk #1minggu1cerita

Iklan

10 pemikiran pada “My Name is,,

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s