Jajanan Tradisional : Gathilut

Dear All,

 

Hai hai,,

Ini kali pertama ya aku nulis tentang jajanan tradisional. Yang pertama akan aku tulis ini, namanya Gathilut πŸ˜€ Lucu ya namanya? 😁 Kayak bukan nama jajanan 😁 Jangan ditanya apa artinya ya? 😭 ✌ Sumber sejarah penamaannya belum ditemukan 😁

 

 

Ini adalah kali pertama aku makan jajanan yang bernama Gathilut. Kebetulan salah satu temen bikin dan dibawa ke kantor. Kata yang bikin sih, ini “jajanan ndeso” alias jajanan dari desa a.k.a jajanan tradisional 😁 Asli handmade yaa, bukan beli. Eh, tapi masi ada ngga ya yang jual jajanan Gathilut ini? 😰

 

Nah, mumpung ketemu sama jajanan ndeso seperti ini, yang mungkin juga sudah jarang dibuat apalagi dijual. Perlu diabadikan lah ya 😁 Sebagai salah satu jenis jajanan tradisional yang pernah ada. Sekaligus menjadi salah satu warisan kuliner nusantara untuk generasi berikutnya. Terlebih lagi, ketika Gathilut ini sudah tidak ada lagi penikmatnya 😭

 

Cuuus, eta terangkanlaah πŸ˜‚ Gathilut ini jajanan apaan?? πŸ˜…

 

Gathilut

 

 

Gathilut adalah jajanan tradisional berbahan dasar singkong yang ditambah parutan kelapa, gula merah, dan sedikit garam. Bisa ditambahkan pisang untuk isian, bisa juga tidak. Kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Kataku sih, ini kayak singkong pepes gitu ya ? 😁

 

Mirip pepes singkong ya?

 

 

Karena aku bukan penggemar buah, apalagi pisang 😣 aku sih nyobain yang kosongan alias tanpa pisang. Rasanya manis, lengket, kenyal. Untuk rasa yang pertama kali mendarat di lidahku sih ini enak 😁 Karena dibungkus pakai daun pisang, aromanya jadi sedep, menurutku πŸ˜‹Cuma ada sedikit rasa pahit yang tertinggal 😊 Mungkin dari singkong nya ya πŸ˜‰

 

Makan Gathilut sambil ngeteh

 

 

Gathilut ini paling enak dimakan selagi masi anget. Sambil duduk-duduk berdua sama Abi di taman depan rumah trus nyrutup teh manis anget ketika hujan turun rintik-rintik πŸ˜‚ Aiiih,,nikmat dunia beneeer πŸ˜‹πŸ˜‡ *Plak* ditimpuk anak-anak pake maenan πŸ˜‚ πŸ˜‚

 

So, kalian pasti pernah juga nih ketemu ama jajanan tradisional yang bahan dan cara membuatnya hampir sama dengan Gathilut ini. Tapi, namanya bisa jadi berbeda, ya kan? Kalo di daerahku, pepes singkong ini namanya Gathilut, di daerah kalian apa?

 

Semoga bermanfaat.

 

 

With love,

Tita

 

Untuk #1Minggu1Cerita

Iklan

2 pemikiran pada “Jajanan Tradisional : Gathilut

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s