Pentingnya Mengajar Anak Bertanggung Jawab Sejak Dini

Dear All,

Bertanggung jawab adalah kesadaran terhadap segala perbuatan yang dilakukan baik itu yang disengaja maupun tidak. Bertanggung jawab juga merupakan suatu kesediaan untuk menanggung segala resiko, dampak, ataupun akibat yang timbul dari perbuatan atau pekerjaan yang kita lakukan. Atau dapat juga berarti kesediaan atau kesadaran untuk menunaikan kewajiban.

Bertanggung jawab cukup luas cakupannya. Dimulai dari yang paling intern yaitu bertanggung jawab terhadap diri sendiri, bertanggung jawab terhadap Tuhan, keluarga, lingkungan, pekerjaan, dan lain-lain. Dari semua cakupan tanggung jawab tersebut, bertanggung jawab terhadap diri sendiri menjadi dasar penting untuk tanggung jawab-tanggung jawab yang lebih besar. Oleh sebab itu, memupuk rasa tanggung jawab haruslah dimulai dari diri kita sendiri.

Menjadi pribadi yang bertanggung jawab, penting dalam kehidupan seseorang. Bertanggung jawab, sayangnya bukan sifat bawaan yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab membutuhkan proses pembelajaran yang berjalan terus-menerus.

Mendidik anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab memang bukanlah suatu hal yang mudah. Tetapi, mengapa penting kiranya mengajar anak bertanggung jawab sedari dini? Berikut adalah lima alasan pentingnya mengajar anak bertanggung jawab sejak dini.

Pertama, mengajar anak bertanggung jawab adalah salah satu bentuk investasi kita untuk masa depan. Sehingga ketika dewasa nanti, anak telah terbiasa bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan.

Kedua, mendidik anak bertanggung jawab sejak dini membantu anak terbiasa bersikap jujur dan berpegang teguh pada pendirian.

Ketiga, bertanggung jawab adalah modal dasar untuk meraih kesuksesan di masa depan, karena pribadi yang bertanggung jawab adalah salah satu ciri pribadi yang dapat dipercaya.

Keempat, bertanggung jawab merupakan salah satu bentuk karakter baik dalam diri yang menjadikan anak lebih siap mental dalam menghadapi kondisi apapun dalam kehidupannya.

Kelima, bertanggung jawab perlu diterapkan sejak dini agar anak lebih mawas diri, menyadari mana yang baik dan mana yang buruk, dan tidak sembarangan dalam bertindak karena semua ada konsekuensinya.

Nah, setidaknya itulah lima alasan pentingnya mengajar anak bertanggung jawab sejak dini. Lima alasan tersebut dapat kita jadikan motivasi untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri anak sedini mungkin. Memupuk rasa tanggung jawab dalam diri anak adalah investasi jangka panjang kita terhadap anak, agar kelak karakter diri anak dapat terbentuk dengan lebih baik.

Semoga bermanfaat.

With love,
Tita

Iklan

2 pemikiran pada “Pentingnya Mengajar Anak Bertanggung Jawab Sejak Dini

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s