5 Tips Mudah Orang Tua Tenang Saat Anak Ulangan

Dear All,

Hai Mommies, sekarang ini mumpung Sulungku dan mungkin juga anak-anak yang lain sedang atau akan menghadapi UTS a.k.a Ulangan Tengah Semester, aku ada 5 tips mudah orang tua tenang saat anak ulangan.

UTS kali ini adalah ulangan kesekian kalinya yang akan dihadapi Sulungku. Meskipun begitu, sebagai ibu, masih banyak kekhawatiran melanda. Apa nanti bisa mengerjakan? Apa nanti jawabannya benar? Apa nanti, apa nanti, dan apa nanti yang lain 😁

Padahal, kalau boleh jujur, Sulungku malah terlihat biasa-biasa aja. Santai, tenang, dan seperti tanpa beban sama sekali. Sebenarnya, itu bagus ya 😊 Bisa jadi dia sudah siap menjalani ulangannya. Tapi, tetap saja, as a mother 😁 kita gak bisa diam gitu aja. Rasanya kita pengen si anak lebih dari sekedar santai. But, apa harus begitu? πŸ˜€

Ini nih berdasar pengalamanku, aku punya 5 tips mudah orang tua tenang saat anak ulangan.

1. Temani Anak Belajar

Temani anak belajar sebelum dan ketika akan mendekati waktu ulangan. Dengan begitu, kita akan tahu seperti apa kemampuan anak dalam menerima pelajaran di sekolah. “Temani” anak ya πŸ˜‰ artinya kita berada di samping anak “as a mutual friend” bukan jadi guru atau bos nya. Lihat bukunya, jawaban-jawabannya, juga nilai-nilai tugas hariannya. Tanyakan apa yang masih membuatnya kesulitan menerima pelajaran, kemudian berusahalah memberi solusi. Bisa juga dengan memberikan beberapa soal latihan yang bisa dikerjakan anak untuk membantunya mengingat dan memahami pelajaran. Ssssstttt, aku jadi ingat kode keras dari Abinya anak-anak, karena dulu aku suka banyak komentar πŸ˜„πŸ˜‚βœŒ

πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

Keberadaan kita harusnya jadi “sesuatu” yang berarti untuk anak, bukannya malah membuat anak bingung karena kita terlalu banyak komentar

2. Percaya pada Kemampuan Anak

Setiap anak punya kemampuan yang berbeda-beda, ya. Ketika mendampingi anak belajar, kita akan tahu bagaimana kemampuan anak kita. Pilihan kita adalah membantu anak mengoptimalkan kemampuannya dalam memahami pelajaran, bukan membandingkannya dengan kemampuan anak lain. Karena bisa jadi, anak sudah susah payah memahami pelajaran tetapi hasilnya memang belum maksimal. Bisa jadi kemampuannya yang masih terbatas atau memang pelajarannya yang sulit. Tapi, apapun itu, the show must go on. Kita tidak bisa berhenti di tengah jalan.

Percayalah bahwa anak kita mampu, stay positive lalu bantu anak memaksimalkan kemampuan mereka. Ingatlah untuk selalu menghargai setiap proses belajar yang sudah dijalani oleh anak.

3. Ibu Tenang Anak Senang

Nah, ini adalah tips termudah tapi paling sulit untuk dipraktekkan 😁 Khususnya buat aku, ya 😊 Hentikan pikiran-pikiran jelek kita, itu wajib. Gantilah dengan pikiran dan sugesti-sugesti positif. Berfikirlah terbuka, percaya pada kemampuan anak. Bahwa anak pasti bisa. Bisa melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan. Hentikan juga menghakimi atau men-just anak dengan pikiran-pikiran sempit kita. Yang ini lah, yang itu lah, nanti gini, nanti gitu, ribet sendiri 😱 Ada anak yang belajar serius, ada yang dengan bermain, ada juga yang tidak belajar serius tapi bisa πŸ˜‚ Berbeda-beda.

Yang perlu kita lakukan, hanyalah tetap tenang, tetap positif thinking. Jaga agar mood anak tetap bagus selama ulangan. Jadi, anak pun tidak merasa terbebani untuk belajar.

4. Beri Dukungan

Dukung anak dalam aktivitas belajarnya sehari-sehari. Beri anak motivasi, tapi tak perlu selalu berupa hadiah. Bisa juga hanya dengan menyiapkan menu makanan bergizi atau makanan kesukaan anak, agar anak semangat belajar. O ya, pulang sekolah, jangan langsung bebani anak dengan belajar pelajaran untuk besoknya πŸ˜– Beri anak kesempatan untuk merefresh pikirannya. Biarkan anak bermain, meskipun sedang menjalani masa ulangan. Waktu bermain bagi anak adalah kesempatan untuk melepas penat dan jenuhnya selama ulangan.

Ajak anak untuk mengatur waktu sebaik-baiknya, termasuk waktu untuk istirahat, karena itu juga penting πŸ‘ Jaga kesehatan anak selama menjalani ulangan.

5. Doakan Keberhasilan Anak

Inilah kelebihan kita as a mother πŸ™ Manfaatkan sebaik-baiknya rezeki yang Allah kasih ke kita, kaum ibu, berupa kekuatan doa πŸ™ Doa kita adalah senjata paling dahsyat untuk mengantar anak menuju kesuksesan. Doa kita bisa menjadi penghalau dari setiap rintangan yang mungkin akan dihadapi anak. Doa kita itu ibarat jalan tol yang menjadi solusi bagi kemacetan pemikiran anak.

Doakan semua yang terbaik untuk anak. Ikhlas dan ridho kita hanya untuk keberhasilan anak, saat ini dan dikemudian hari.

Nah, itulah 5 tips mudah orang tua tenang saat anak ulangan berdasar pengalaman pribadiku bersama Si Sulung. Tiap anak bisa jadi berbeda yaa, jadi ambillah yang sekiranya sesuai dan mudah diterapkan untuk masing-masing anak. Remember ya Mommies 😚 apapun hasilnya nanti, tetap hargai lah proses belajar anak πŸ˜‰ Menghakimi itu mudah, tapi belajar itu tak pernah semudah membalik telapak tangan πŸ‘

Semoga bermanfaat.

With love,
Tita

Iklan

2 pemikiran pada “5 Tips Mudah Orang Tua Tenang Saat Anak Ulangan

  1. Pengalaman saya, 2 anak perempuan belajar dan ulangan tanpa pendampingan, beda dengan anak laki yang extra dipaksa untuk didampingi..hihihi, sukses buat anak-anak kita ya dek, ini juga lagi pada ulangan πŸ™‚

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s