Tips Memilih Mainan Anak Usia Satu Tahun

Dear All,

Hai hai,,ketemu lagi nih πŸ˜„ Happy yaa karena kita mau kembali ke habitat nih 🀭 ngomongin tentang apaa? πŸ₯° Apaa? πŸ₯° Iyeees, kita ngomongin tentang anak lagiii πŸ₯° Ceritanya mau kasih tips memilih mainan anak usia satu tahun, nih. Kenapa sih, kok anak usia satu tahun?

Aslinya ini tulisan gara-gara kemaren pas ponakan ulang tahun, bingung mau ngasi kado apaan πŸ™ˆ Ulang tahun pertama, dan bingung dikasih kado apa. Akhirnya, pergilah kita ke toko mainan, dan ternyata masih juga tidak menyelesaikan masalah. Kenapa? πŸ˜„ Karena gantian, bingung mau beli mainan yang seperti apa? πŸ™ˆ Dulu pas si Bungsu usia satu tahun juga udah lupa mainannya apa aja πŸ€¦β€β™€οΈ

Kalo kataku, memilih mainan untuk anak usia satu tahun itu susah-susah gampang. Anak usia satu tahun sedang mulai aktif-aktifnya untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya, termasuk mainan yang akan digunakan untuk bermain. Seharusnya, kita bisa lebih terbantu dengan adanya penggolongan usia anak di kemasan mainan. Tapi, tidak semua mainan yang dijual di pasaran memberi golongan usia di kemasannya. Jadi, cukup bingung menentukan apakah mainan tersebut sesuai atau tidak untuk usia anak kita.

Oleh sebab itu, perlu banget memperhatikan mainan seperti apa yang akan digunakan anak untuk bermain. Apa aja yang perlu diperhatikan? Inilah tips memilih mainan anak usia satu tahun ala Bundanya Cha_Upi πŸ˜‰

1. Pilih yang berwarna-warni

Mommies, pada usia satu tahun, memori anak sudah mulai berkembang, jadi berilah stimulus berupa mainan pada anak yang berwarna-warni. Biar apa? Biar anak belajar mengenali macam-macam warna yang ada. Remember ya, jangan biarkan anak hanya mengenali 1 atau 2 warna aja. Kalo anak perempuan, pink. Kalo anak laki-laki, biru.

Please, buang jauh-jauh pemikiran like that πŸ˜‰ Bolehlah baju anak dominan warna gender, pink atau blue. Tapi, jangan dengan mainannya, ya. Biarkan anak bereksplorasi dengan banyak warna. Karena memori anak akan berkembang dengan rekaman-rekaman warna yang beragam. Meskipun, anak belum begitu memahami ini warna apa, itu warna apa, tetapi, memori di kepalanya sudah mulai merekam dan akan terus berkembang.

2. Perhatikan ukuran dan bahan mainan.

Anak usia 1 tahun sedang hobi memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Apa saja yang ditemukan bisa dimasukkan ke dalam mulutnya. Jadi, pilihkan mainan dengan ukuran yang tidak terlalu kecil yang mungkin bisa masuk mulut, seperti mini lego atau kelereng 🀭 Pilih ukuran yang sekiranya tidak muat masuk ke mulut anak, ya πŸ˜‰

Selain itu, perhatikan juga bahan mainan anak. Sebisa mungkin berikan mainan dengan bahan yang aman. Hindari mainan dengan bahan kertas dan semacamnya. Jadi, ketika anak tidak sengaja memasukkan mainannya ke mulut, anak akan tetap aman.

3. Mainan dengan beragam bentuk.

Nah, usia 1 tahun itu si anak sedang mulai aktif bergerak. Keterampilan motoriknya sedang berkembang. Anak ingin terus bergerak, terus bermain, mencoba berjalan, bahkan susah diam. Jadi, berikan mainan dengan beragam bentuk. Atau bisa juga kita pilihkan mainan anak yang dapat dimainkan dengan berbagai cara.

Dengan cara demikian, anak bisa bebas bereksplorasi, mengenali berbagai bentuk, belajar memegang, menyentuh, atau bahkan melempar mainan. Tidak perlu mainan dengan harga yang selangit, karena kalau sekali dilempar kemudian rusak, sayang banget. Cukup pilihkan saja mainan yang harganya bersahabat dan berkualitas baik dengan bentuk beragam. Agar anak tidak mudah bosan.

Mommies, gimana? Sekarang jadi lebih gampang kan memilih mainannya? πŸ˜… Semoga tips memilih mainan anak usia satu tahun bisa membantu, ya. Karena anak akan selalu identik dengan bermain dan mainan. Mainan yang sesuai, dapat membantu anak untuk lebih mengeksplorasi keterampilan kognitif maupun motoriknya.

Semoga bermanfaat πŸ˜‰

With love,
Tita

Iklan

Satu pemikiran pada “Tips Memilih Mainan Anak Usia Satu Tahun

  1. Terima kasih sarannya. Kebetulan saya punya bayi dan saya sepakat dengan tips di atas. Kakaknya, sampai SMP pun saya mengatakan bahwa pink untuk perempuan karena secara komunal (yg konservatif) menganggap demikian.

Silakan tinggalkan jejak di rumah Tita

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s